Gairah Stasiun Solo Kota Sebagai Destinasi Wisata

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 18 September 2016
Gairah Stasiun Solo Kota Sebagai Destinasi Wisata
Stasiun Solo Kota saat dilintasi Kereta Api Railbus Bathara Kresna(Foto: MP/Win)

Merahputih wisata- Setelah sempat tak digunakan puluhan tahun, akhirnya Stasiun Solo Kota kembali difungsikan. Stasiun yang berada di kawasan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah ini, bukan untuk melayani penumpang umum melainkan sebagai lokasi wisata.

Ya, berkat Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo, stasiun tersebut menjadi transit dua kereta wisata, yakni Sepur Klutuk Jaladara dan Railbus Bathara Kresna.

Dua kereta ini, meski sama-sama mengambil rute dari Stasiun Purwosari, namun untuk Railbus Bathara Kresna melayani hingga Stasiun Wonogiri. Sedangkan, Sepur Klutuk Jaladara hanya melayani dari Stasiun Solo Kota saja.

Menariknya, dua kereta ini memiliki penampakan unik, jika Railbus Bathara Kresna sebuah kereta yang desain seperti negara di eropa, namun untuk Sepur Klutuk merupakan kereta jaman dahulu yang menggunakan bahan bakar kayu jati.

“Disini ramainya sampai siang hari saja, kalau Railbus kan setiap hari beroperasi, namun kalau sepur klutuk jarang beroperasi. Karena memang berjalannya sepur klutuk tidak sembarangan,” jelas seorang warga sekitar, Hidayat (34) saat berbincang dengan Merahputih.com, Sabtu (17/9). (Win)

BACA JUGA:

  1. Yuk, Keliling Kota Solo dengan Railbus Bathara Kresna
  2. AADC2 Set di Yogyakarta, Ini Jawaban Mira Lesmana
  3. Tempat-tempat Ngopi Asyik di Yogyakarta
  4. Lima Tempat Wisata Malam Cihuy di Yogyakarta
  5. Maharani Khan Jade, Perempuan Penyair Muda dari Yogyakarta

 

#Stasiun Kereta Api #Railbus Bathara Kresna #Wisata Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan