Gaikindo Sebut Penjualan Mobil Tembus 98 Ribu Unit di Maret 2022

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 11 April 2022
Gaikindo Sebut Penjualan Mobil Tembus 98 Ribu Unit di Maret 2022
Menjadi momentum bangkitnya industri otomotif di Indonesia. (Foto: kabaroto/Sigit)

INDUSTRI otomotif Indonesia terus mengalami perkembangan, terbukti dengan digelar sejumlah acara. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat angka penjualan wholesale kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia mencapai angka 98.524 unit di Maret 2022.

Sementara itu, angka penjualan retail sepanjang bulan yang sama mencatat angka 89.811 unit. Menurut Gaikindo, penjualan wholesale dan retail telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal atau sebelum pandemi COVID-19.

"Hasil penjualan kendaraan pada bulan Maret yang berhasil mencapai lebih dari 98 ribu unit, yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, mengutip laman ANTARA, Senin (11/4).

Baca juga:

Bertabur Promo di Jakarta Auto Week

Gaikindo Sebut Penjualan Mobil Tembus 98 Ribu Unit di Maret 2022
Jakarta Auto Week menawarkan berbagai promo menarik. (Foto: Gaikindo)

Merujuk pada hasil penjualan Maret, pencapaian kuartal pertama 2022 yang mencapai 263.810 unit juga kembali mencatatkan kenaikan sebesar 41,1 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Menurut Nangoi, kenaikan angka penjualan pada kuartal pertama tahun ini didorong oleh kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) yang mendukung industri otomotif Indonesia. Kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung otomotif.

Hasil penjualan yang baik selama Maret juga tidak terlepas dari gelaran Jakarta Auto Week (JAW) pada 12-21 Maret, yang berfokus untuk mendorong penjualan.

Baca juga:

Lexus Luncurkan Dua Mobil Baru di Jakarta Auto Week

Gaikindo Sebut Penjualan Mobil Tembus 98 Ribu Unit di Maret 2022
Tidak terlepas dari peran Jakarta Auto Week. (Foto: Gaikindo)

"Penyelenggaraan perdana JAW, selama sembilan hari telah mencatat pencapaian transaksi yang sangat bagus, dan berhasil merealisasikan tujuannya untuk dapat berkontribusi kepada pencapaian penjualan industri otomotif, yang pada bulan Maret mencapai hasil yang luar biasa," kata Nangoi.

Menurutnya, keputusan Gaikindo dan para anggota untuk memberikan stimulus dalam mendongkrak angka penjualan lewat penyelenggaraan pameran merupakan langkah tepat dan terbukti sangat efektif. Gaikindo pun menyampaikan apresiasi kepada pemerintah melalui Kementerian Perindustrian atas kebijakan yang mendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia.

"Dukungan dan arahan Kementerian Perindustrian agar JAW dapat kembali berkontribusi terhadap pencapaian industri otomotif Indonesia, semakin meningkatkan semangat Gaikindo untuk menyelenggarakan JAW di tahun-tahun mendatang," tutup Nangoi. (and)

Baca juga:

Melihat Lebih Dekat Kendaraan Elektrifikasi Toyota di Jakarta Auto Week

#Otomotif #Pameran Otomotif #Gaikindo #GAIKiNDO Indonesia International Auto Show
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan