Gaikindo Jakarta Auto Week akan Digelar Awal Tahun 2022 GJAW Akan digelar pada awal tahun 2022 (Foto: istimewa)

INDUSTRI otomotif Indonesia merupakan salah satu pilar penting bagi perekonomian nasional, karena itu pemerintah menaruh perhatian dan memberikan dukungan penuh terhadap perkembangannya.

Perhatian dari pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada saat pandemi COVID-19, yang memberikan pukulan keras pada industri otomotif.

Baca Juga:

Sejumlah Kendaraan Impian Bisa Dicoba di GIIAS Surabaya 2021

Kementerian Perindustrian terus berusaha menerapkan kebijakan serta merencanakan upaya untuk membangkitkan kembali industri otomotif Indonesia.

Hingga akhirnya pada akhir tahun 2020 lalu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang memberikan arahan kepada GAIKINDO untuk menyelenggarakan sebuah pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW), yang fokus kepada kegiatan yang akan menciptakan potensi penjualan mobil secara masif, dan juga menjadi ajang memperkenalkan produk baru.

Setelah sempat ditunda, GJAW rencananya akan digelar pada awal tahun 2022 mendatang (Foto: istimewa)

Pameran ini rencananya akan berlangsung pada semester pertama tahun 2021, sebagai salah satu upaya untuk memberikan dorongan baru kepada industri otomotif. Namun dikarenakan alasan dan pertimbangan utama kesehatan dan keselamatan masyarakat yang belum sepenuhnya kondusif, maka penyelenggaraannya ditunda.

Salah satu upaya pemerintah yang juga didesain untuk membantu membangkitkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui industri otomotif adalah dengan memberikan kebijakan pemotongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang sudah dimulai sejak Maret 2020.

Kebijakan PPnBM terbukti cukup efektif menyelamatkan industri otomotif Indonesia sejak dilanda pandemi COVID-19 dan mencatatkan hasil kenaikan yang sangat baik.

Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum GAIKINDO mengungkapkan, bahwa bagi asosiasi yang menaungi Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor di Indonesia, kebijakan PPnBM DTP pun menjadi salah satu highlight pada pelaksanaan dua rangkaian pameran GIIAS di tahun 2021.

"Varian kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP juga dipamerkan pada pelaksanaan dua seri GIIAS di tahun ini, dan mendapatkan respon positif dari pengunjung, hal tersebut semakin membuktikan bahwa penyelenggaraan pameran merupakan langkah yang tepat untuk mendorong percepatan kebangkitan industri otomotif," tutur Nangoi pada siaran pers yang diterima merahputih.com.

Baca Juga:

Melihat Lebih Dekat DFSK Seres SF5 di GIIAS Surabaya 2021

Atas arahan Kementerian Perindustrian, GAIKINDO akan merealisasikan gelaran pameran otomotif GAIKINDO Jakarta Auto Week pada semester pertama tahun 2022.

Fokus pada peningkatan penjualan kendaraan bermotor, GJAW rencananya akan digelar 5-13 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Hari ini, Kamis (16/12), telah dilangsungkan acara sosialisasi pameran GJAW kepada para APM yang mengambil tempat di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Pelakasaan GJAW merupakan momentum penting bagi sektor industri otomotif (Foto: istimewa)

Direktur Jenderal ILMATE, Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier menyampaikan bahwa pelaksanaan GJAW merupakan sebuah momentum penting, karena sektor otomotif merupakan yang utama dari sektor industri lainnya dalam perputaran siklus ekonomi.

"Kita harus fokus pada yang besar terlebih dahulu dan Kita jaga, jangan sampai momentumnya turun. Jakarta Auto Week ini salah satu penjaga momentum, jangan sampai transisi ke tahun 2022 terjadi penurunan," Jelas Taufiek.

Kementerian Perindustrian nantinya akan hadir dan mengawal jalannya pameran yang akan berlangsung pada awal tahun 2022 ini.

GJAW akan mempergunakan seluruh area JCC, dan akan menghadirkan seluruh merek otomotif ternama dari kendaraan penumpang, kendaraan komersial, serta industri pendukung.

"Sesuai dengan fokus dan tujuan penyelenggaraannya untuk menjadi momentum yang mendorong penjualan, Kami mempersiapkan berbagai program yang akan menstimulus transaksi di pameran," ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO yang sekaligus adalah Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

Lebih lanjut, Rizwan menjelaskan, bahwa program-program yang akan hadir, dipastikan akan menarik perhatian para pengunjung. Rizwan juga menekankan, bahwa pameran yang akan berlangsung selama sembilan hari, akan dilangsungkan dengan protokol kesehatan ketat.

Meski situasi dan kondisi di Indonesia yang berangsur membaik sejak melandanya pandemi COVID-19, tak lantas membuat GAIKINDO menurunkan konsentrasi terhadap pengaplikasian protokol kesehatan pada penyelenggaraan GJAW.

Seperti pada penyelengaraan pameran GAIKINDO sebelumnya, seluruh pihak yang hadir harus memastikan dirinya dalam kondisi sehat, sudah menjalani vaksin lengkap dua kali dosis, terdaftar diaplikasi PeduliLindungi, selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak. (Ryn)

Baca Juga:

Perlengkapan New Normal Karya Anak Bangsa di GIIAS 2021

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Harga Lightstick K-Pop Meningkat dan Semakin Susah Dicari
ShowBiz
Harga Lightstick K-Pop Meningkat dan Semakin Susah Dicari

Pandemi membuat lightstick sulit didapatkan.

5 Prediksi Tren Fesyen di 2022, Mana Favoritmu?
Fashion
5 Prediksi Tren Fesyen di 2022, Mana Favoritmu?

Diperkirakan fesyen tahun depan akan menampilkan kombinasi warna-warna.

Pekan Depan, Tracee Ellis Ross dan Leslie Jordan Umumkan Nominasi Oscar
ShowBiz
Pekan Depan, Tracee Ellis Ross dan Leslie Jordan Umumkan Nominasi Oscar

Disiarkan di Oscar.com, Oscars.org, dan halaman media sosial resmi Academy.

BLACKPINK Umumkan ‘Shut Down’ Sebagai Title Track di Album 'Pink Venom'
ShowBiz
BLACKPINK Umumkan ‘Shut Down’ Sebagai Title Track di Album 'Pink Venom'

Title track untuk album ini akan merepresentasikan identitas BLACKPINK.

Duo Cantik Song Hye-kyo dan Han So-hee akan Main Drama Bareng
ShowBiz
Duo Cantik Song Hye-kyo dan Han So-hee akan Main Drama Bareng

Bisa jadi membintangi drama bersama dalam waktu dekat.

'Only Murders in The Building' Season 2, Kisah Misterius yang Dibalut Komedi
ShowBiz
All New Ertiga Hybrid Janjikan Garansi dan Tata Kelola Limbah Baterai Lithium-Ion
Hiburan & Gaya Hidup
All New Ertiga Hybrid Janjikan Garansi dan Tata Kelola Limbah Baterai Lithium-Ion

Diklaim mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Konser di London, Travis Scott Kalahkan Rekor Penjualan Merchandise BTS
ShowBiz
Konser di London, Travis Scott Kalahkan Rekor Penjualan Merchandise BTS

Rekor penjualan merchandise tertinggi sebelumnya dipegang oleh BTS.

Shaggydog dan TAKKA Luncurkan Gravel Bike Signature Series
ShowBiz
Shaggydog dan TAKKA Luncurkan Gravel Bike Signature Series

Kolaborasi Shaggydog dan TAKKA menghadirkan frame tipe gravel bike

Sentuhan Artistik Virgil Abloh pada Tampilan Selebritas Dunia
Fashion
Sentuhan Artistik Virgil Abloh pada Tampilan Selebritas Dunia

Karya-karya Abloh di dunia fesyen meninggalkan kesan.