Gai Bintang, Lagu Daerah Madura Penuh Nasihat

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 16 April 2016
Gai Bintang, Lagu Daerah Madura Penuh Nasihat
Lagu Madura, Jawa Timur Gai Bintang. (Foto: Screenshot Youtube)

MerahPutih Budaya - Madura, Jawa Timur, memiliki lagu daerah sangat terkenal bahkan hingga ke daerah lain. Salah satunya yaitu lagu berjudul "Gai Bintang".

"Gai bintang" dalam bahasa Indonesia berarti menjolok atau menggalah bintang. Lagu berbahasa Madura ini sangat pendek hanya empat baris. Meski pendek, namun memiliki makna mendalam dengan menggunakan simbol-simbol.

Lagu ini menceritakan tentang upaya mengambil bintang dilangit dengan menggunakan galah dari janur kuning. Bukannya mendapat bintang yang diinginkan, malah bulan yang jatuh.

Seperti diketahui, bintang merupakan benda langit yang sangat jauh, lebih jauh dari bulan. Seperti kita sering mendengar, "gantungkanlah cita-cita setinggi langit". Bintang sering diumpamakan sebagai cita-cita atau keinginan. Dalam lagu Gai Bintang ini, sebuah keinginan tersebut tidak tercapai, yang tercapai keinginan yang lain.

Lagu ini memiliki pesan bahwa kita meski berusaha dengan keras meski pada awalnya suatu cita-cita itu terlihat tinggi atau mustahil didapat. Dengan kesungguhan, cita-cita itu akan tercapai. Namun, cita-cita terkadang tidak selalu tercapai atau terpenuhi. Ketika hal itu terjadi, manusia harus bisa menerima karena ada hal lain yang didapat.

Kadang kala kita mengejar sesuatu yang jauh, melupakan hal-hal kecil yang lebih dekat. Lagu ini bercerita tentang keinginan manusia agar senantiasa disesuaikan dengan kemampuan. Lirik lagu terakhir menceritakan bahwa hal yang dikejar malah semakin menjauh. Jika salah pertimbangan atau salah dalam berusaha, apa yang dikejar itu semakin menjauh.

 

Lirik lagu Gai Bintang;

Gai bintang alek gagar bulan
Pagaina janor koneng
Kaka elang alek sajan jau
Pajauna gan lon alon
Leya letes kembang kates tokca tokcer

Arti lagu Gai Bintang;

Ambil (menjolok dengan galah) bintang yang jatuh (malah) rembulan
Penjoloknya janur kuning
Abang pergi kian jauh
Jauhnya ke alun-alun
Leya letes kembang ates tokca tokcer


BACA JUGA:

  1. Kereligiusan Kekasih dalam Lagu Sulawesi Utara Esa Mokan
  2. Kegelisahan Perempuan dalam Lagu Sunda Es Lilin
  3. Luapan Kegembiraan dalam Lagu Papua E Mambo Simbo
  4. Gambaran Nikmatnya Pempek dalam Lagu Sumsel Pempek Lenjer
  5. Cinta Tanpa Kebohongan dalam Lagu Sumsel Dek Sangke
#Gai Bintang #Lagu Daerah #Jawa Timur #Madura
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan