Otomotif
Gaharnya Ferrari Roma Dengan Mesin V8 Turbo Paling Bertenaga Ferrari Roma dibekali dengan mesin paling bertenaga di kelasnya (foto: istimewa)

FERRARI mengumumkan model terbarunya, Ferrari Roma di hadapan media massa seluruh dunia. Coupe terbaru dari pabrikan Maranello ini menampilkan desain sempurna yang tak lekang oleh waktu. Tak hanya itu, Ferrari terbaru ini juga menawarkan kekuatan dan kelincahan yang menjamin memberikan pengalaman berkendara mengesankan.

Tampilan khas Italia pun terlihat jelas pada mobil ini. Penampilan khas italia sendiri diusung dari penfarsiran ulan gaya hidup kontemporer dan bebas tahun 1950-an dan 1960-an di Kota Roma yang juga menjadi nama mobil tersebut.

Baca Juga:

Mengenal Ganasnya Ferrari 488 Challenge Evo dengan Berbagai Teknologi Baru

Dari segi desain, Ferrari Roma memperlihatkan karakternya yang bersih dan simbiotik. Proporsi indah nan harmonis, serta bentuk yang elegan, sejalan dengan tradisi grand touring mobil sport Ferrari bermesin tengah belakang.

Seperti halnya mobil 250 GT Berlinetta Lusso dan 250 GT 2+2 sebagai contoh model paling ikonik yang menginspirasi mobil ini.

Ferrari Roma tampak sangat modern, elegan, dan sporty (Foto: indiatoday)

Tampilan Ferrari Roma mewujudkan bahasa desain yang sangat modern dan mempertegas gaya otentiknya yang memberikan kesempurnaan berkendara. Pada saat yang sama, aplikasi garis-garis ramping juga mempertahankan ciri sporty yang dimiliki oleh semua mobil Ferrari.

Guna menjamin kinerja terbaik di kelasnya, Ferrari Roma tetap mempertahankan garis keturunannya. Teknisi Ferrari mengembangkan beberapa teknologi terdepan, khususnya spoiler belakang yang terintegrasi dengan kaca belakang. Ini untuk mempertahankan keanggunan mobil serta menghasilkan downforce yang otomatis bekerja di kecepatan tinggi.

Baca Juga:

Ferrari Classiche Academy, Menjajal Gaharnya Mobil Klasik Ferrari di Lintasan Balap

Pada bagian dapur pacu, Ferrari Roma dilengkapi dengan mesin turbo V8 yang menghasilkan tenaga 620 hp pada 7.500 rpm, mesin tersebut menjadikan Ferrari Roma yang paling bertenaga di kelasnya, seperti rilis yang diterima merahputih.com pada Jumat (15/11).

Ferrari Roma bertenaga 620 hp (Foto: indiatoday)

Mesin V8 Turbo itu juga merupakan salah satu mesin yang telah memenangkan penghargaan The International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut. Mesin tersebut dilengkapi dengan fitur Variable Boost Management untuk respon gas instan.

Dengan adopsi Gasoline Particulate Filter, terfokus pada suara sistem pembuangan yang sepenuhnya telah didesain ulang. Dengan menghilangkan peredam suara dan memperkenalkan katup bypass yang baru.

Gerbox dual-clutch 8-speed baru pada mobil ini pun lebih pada dan 6 kg lebih ringan dibanding pendahulunya yang bertransmisi 7-speed. Selain mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi, pergantiannya pun lebih cepat dan lebih mulus. Sehingga membuat mobil lebih resposif di jalan terbukan yang juga sangat nyaman di kota serta dalam situasi macet.

Pada tampilan luar, Ferrari Roma dibalut garis-garis ramping yang membentang dari kap depan, yang menonjolkan siluet bagian samping serta volume kabin fastback yang padat.

Untuk menonjolkan gaya minimalis maka detail-detail yang tidak perlu dihilangkan. Seperti pendinginan radiator diganti dengan permikaan monolitik yang dilubangi di tempat yang dirasa perlu, hingga melahirkan konsep baru radiator grille.

Pada bagian depan, dihiasi dengan lampu LED dengan garis horizontal. Menggambarkan struktur dibalik tampilan luar mobil dan memunculkan aura dari keseluruhan di bodi mobil.

Sementara untuk kaca belakang dilengkapi dengan aero device, guna mempertahankan bentuk yang khas. Kemudian lampu belakang ditempatkan layaknya perhiasan di bodi mobil.

Tampilan kabin yang begitu mewah dengan konsep terbaru (Foto: indiatoday)

Beralih ke bagian kabin Ferrari Roma, perancang di Ferrari Styling Center mengembangkan pendekatan formal baru meliputi pembuatan dua ruang terpisah. Satu untuk pengemudi dan satu untuk penumpang, dalam sebuah evolusi konsep kokpit ganda yang mencakup seluruh kabin dibandingkan hanya dashboard, seperti yang telah ada sebelumnya.

Pembuatan desain bagian dalam mobil dimulai dari mendesain ulang keseluruhan HMI. Proses ini menghasilkan lompatan besar, mulai dari roda kemudi baru yang dirancang menggunakan filosofi "Eyes on the road, hands on the wheel", dengan semua perintah utama mobil ditindaklanjuti oleh kontrol haptic, guna memastikan pengemudi tidak harus menggerakkan tangan mereka dari kemudi.

Selain itu Klaster instrumen digital 16” menyediakan semua informasi yang diperlukan, sementara layar pusat dengan layar vertikal 8,4” dan layar penumpang baru sangat intuitif dan ramah pengguna Adapun kunci Ferrari baru dengan fungsi "Comfort Access", yang memungkinkan pengemudi untuk membuka mobil dengan menyentuh tombol di sebelah flush handle baru di pintu.

Terakhir, lampu utama Matrix LED dan advanced driver assistance systems (ADAS) opsional Ferrari, termasuk Cruise Control yang adaptif, membuat perjalanan sehari-harimu dan perjalanan yang lebih panjang menjadi pengalaman yang sangat santai dan mengesankan. (Ryn)

Baca Juga:

Mengulas Ferrari 812 GTS, Kembalinya Kejayaan Mesin V12

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Vino Bastian dan Marsha Timothy Banyak Belajar dari Aktor Baru
ShowBiz
Vino Bastian dan Marsha Timothy Banyak Belajar dari Aktor Baru

Vino Bastian dan Marsha Timothy tidak masalah dengan kehadiran para aktor baru Indonesia.

'Hello Goodboy', Game Terbaru Garapan Developer Indonesia
Fun
'Hello Goodboy', Game Terbaru Garapan Developer Indonesia

Developer Rolling Glory Jam asal Bandung kembali merilis game apik.

Tips Jitu Bangun Citra Diri dengan Personal Branding
Fun
Tips Jitu Bangun Citra Diri dengan Personal Branding

Dengan mengaplikasikan personal branding yang tepat, orang-orang pun akan melihat kita sebagai pekerja yang profesional.

Tren Quiet Quitting Merambah ke Perawatan Kulit
Fashion
Tren Quiet Quitting Merambah ke Perawatan Kulit

Pakai banyak produk tak selalu baik.

Long Weekend, Saatnya Marathon Serial 'F4 Thailand: Boys Over Flowers'
ShowBiz
Long Weekend, Saatnya Marathon Serial 'F4 Thailand: Boys Over Flowers'

Cek dulu 3 fakta menarik episode terakhirnya.

Samsung ViewFinity S8, Monitor Canggih untuk Para Pembuat Konten
Fun
Samsung ViewFinity S8, Monitor Canggih untuk Para Pembuat Konten

Monitor Canggih untuk para pembuat konten yang ingin berekspresi.

Jane Campion Menangi Kategori Best Director Oscar 2022
ShowBiz
Jane Campion Menangi Kategori Best Director Oscar 2022

Jane Campion jadi wanita ketiga yang pernah menang Best Director Oscars.

'Susi Susanti: Love All', Perjuangan Legenda Bulu Tangkis Dunia
ShowBiz
'Susi Susanti: Love All', Perjuangan Legenda Bulu Tangkis Dunia

Berkisah tentang Susi Susanti saat berumur 14 tahun.

4 Masker Terbaik Untuk Mencegah Varian Omicron
Fun
Sebaiknya Jangan Pesan Pasta di Pesawat
Travel
Sebaiknya Jangan Pesan Pasta di Pesawat

Maskapai penerbangan lebih mementingkan keamanan makanan daripada rasa.