Gaharnya Ferrari F8 Spider yang Lengkapi Mesin V8 Tersukses dalam Sejarah Ferrari F8 Spider tampak begitu gahar dan sangat keren (foto: Ferrari)

FERRARI telah meluncurkan F8 Spider, sebuah mobil sport drop-top generasi terbaru yang dilengkapi dengan mesin v8 tengah belakang yang tersukses dalam sejarah.

Ferrari F8 Spider merupakan model terbaru kategori open-top bermesin V8 yang berawal dari 308 GTS di tahun 1977. Model ini memang tak lebih ekstrim dari 488 Pista Spider, namun lebih sporty dibanding 488 Spider yang digantikannya.

Baca Juga:

Ferrari Portofino Jelajahi Tanah Sumba

Dengan begitu, Ferrari F8 Spider saat ini menjadi acuan baru bagi mobil sport 'En Plein Air' dalam performa dan kualitas handling, menawarkan pengalaman berkendara yang sangat istimwa.

Bahkan model yang satu ini unggul dalam penggabungan dinamika handling dengan kenyamanan kabin. Ferrari Sipder ini sendiri menggabungkan karakteristik mesin 8-silinder yang diakui secara luas dengan kenyamanan berkendara yang tak tertandingi.

Ferrari F8 Spider sangat unggul dalam handling dan kenyamanan (foto: Ferrari)

Mesin V8 pada mobil ini juga cukup spesial. Karena merupakan pengembang dari V8 yang memenangi penghargaan 'International Engine of The Year Award' selama empat tahun berturut-turut 2016-2019, dan dinobatkan sebagai mesin terbaik dalam dua dekade terakhir.

Dari segi spefisikasi F8 Spider yang menggantikan 488 Spider, terdapat peningkatan dari semua aspek. seperti sector mesin memberi tambahan 50 cv dan berat mobil 20 kg lebih ringan dari pendahulunya. F8 Spider jauh lebih efisien secara aerodinamika, ditambah versi 6.1 terbaru dari sistem side slip angle control.

Untuk dapur pacu F8 Spider, spesifikasi teknis V8 berkapasitas 3902 cc, melepaskan 720 cs pada 8.000 rpm dan juga memiliki output daya spesifik yang mengesankan 185 cv/ 1. Torsi maksimumnya sendiri lebih tinggi dibanding mesin lainnya, yang memuncak 770 Nm pada 3.250 rpm.

Baca Juga:

Mengenal Supercar Terbaru Ferrari SF90 Stradale

Ferrari F8 dibekali mesin berkapasitas 3902 cc (Foto: Ferrari)

Mesin F8 spider juga mewarisi solusi pengurangan berat badan yang sangat efisien dari 488 Pista, yang telah memangkas bobot unit daya hingga 18 kg lebih ringan dibanding 488 spider.

Pengurangan bobot terdapat pada putaran dan massa non-statis, seperti batang titanium, crankshaft dan flywheel, yang memungkinkan adanya peningkatan kecepatan mesin dengan sangat pesat. Hingga pengemudi bisa melihat jarum penghitung putaran seperti terbang, khususnya dalam transisi cepat seperti pemindahan gigi dan akselerasi gigi rendah mendadak, hal itu lah yang membuat mobil ini terasa lebih sporty.

Selain itu, manifold knalpot inconel yang berasal dari 488 Challenge sendiri mengurangi bobot mesin hingga 9,7 kg. Seluruh bagian knalpot sendiri telah dimodifikasi secara ekstensif, mulai dari turbo hingga tail pipe untuk menghasilkan suara yang benar-benar unik untuk mobil ini. Hasilnya ialah timbre mesin yang tepat, dan unggul dalam intensitas serta kualitas suara. Tak hanya itu, saluran pembuangannya pun dilengkapi dengan Gasoline Particulate Filter (GPF) baru untuk memenhui persyaratan homologasi baru.

Dari segi desain F8 Spider ini didesain oleh Ferrari Styling Center, dimana meneruskan arahan dimulai dari F8 Tributo, yang menjembatani gaya desain baru yang akan terus menekankan karakteristik utama Ferrari. Yakni kinerja tinggi, efisiensi dan aerodinamika ekstrem. Sementara untuk pada desain bagian atas, F8 Spider dibuat berdasarkan RHT (Retractable Hard Top).

Kunci keseluruhan desainnya sendiri terletak pada pergeseran garis pemisah antara bodi mobil dan atap. Mulai dari posisi konvensionalnya di garis sabuk ke atas pilar-B. Dengan begitu, bagian atas terlihat lebih kompak dan memiliki dua dimensi, hingga bisa terbagi menjadi dua bagian dan disimpan di di atas mesin.

Untuk menutup dan membuka atap hanya butuh waktu 14 detik (Foto: Ferrari)

Hanya butuh waktu 14 detik untuk menggunakan atau menggulung RHT, dan bisa ditutup atau dibuka saat mobil melaju hingga kecepatan 45km / jam.

Dari sisi eksterior mobil ini menampilkan kepribadian kuat dengan desain yang lebih sporty dengan aerodinamika mobil yang canggih. Pada tampilan depan S-Duct menjadi sebuah ciri khas, dimana sekelilingnya seluruh ujung depan dirancang ulang untuk menonjolkan modifikasi aerodinamika ekstensif yang telah diciptakan khusus untuk bagian ini. Contohnya lampu depan LED horizontal baru yang kini lebih ringkas.

Sementara itu, spoiler belakangnya pun didesain ulang secara keseluruhan. Hingga menjadi lebih besar dan membungkus area sekitar lampu ekor. Secara kasat mata menurunkan pusat gravitasi mobil dan memungkinkan kembali klaster lampu kembar klasik dan warna senada antara ekor dan badan mobil, pertanda lain dari gaya Berlinetta 8-silinder awal seperti model pertama di seri legendaris tersebut, yakni 308 GTB.

Desain eksterior Ferrari F8 Spider tampil lebih sporty dari generasi sebelumnya (Foto: Ferrari)

Ciri khas dari F8 Spider lainya ialah pada bagian kap mesin. Dimana kap mesin yang berbentuk seperti ikan manta itu ditunjak oleh rangka dari kaca belakang menuju ke bawah spoiler mengikuti arah aliran udara.

Garis lambang yang terdapat di kap bodi samping pun meliuk-liuk hingga ke belakang dan spoiler, yang membentuk 'leher angsa' ala F1. Hal itu memperkuat kesan pada mobil yang sudah terlebih dulu berkarakter sporty.

Untuk bagian kokpit, F8 Spider mempertahankan kesan klasik khas mobil berlinetta Ferrari. Desain mesin yang agak menjorok ke belakang. Sebuah konsep yang memunculkan hubungan simbiosis antara pengendara dan mobil, seperti yang sering ada di F1, dengan semua tombol kontrol terdapat di setir mobil.

Bagian Dashboard Ferrari masih mempertahankan kesan klasik (Foto: Ferrari)

Bagian dashboard pun terbuat dari panel aluminium yang menunjang bagian tengah kabin. Guna menciptakan kesan ringan, seutas serat karbon pun ditaruh sebagai penisah antara bagian atas dan bawah, yang membetuk kontur tampilan. Bagian ini juga mencakup layar 7 inci opsional, dashboard dilengkapi instrumen klasik dengan RPM Utama.

Dari sisi aerodinamis, Ferrari F8 Spider telah menerapkan inovasi dan solusi aerodinamis terbaru dari pengalaman balap Ferrari GT dan Challenge yang menggabungkannya menjado mobil konvertible yang memungkinkan pengendara dengan bermacam kemampuan menikmati performa pacu yang tinggi.

Tingkat performa keseluruhan Ferrari F8 Spider ini secara signifikan lebih tinggi jika dibanding dengan 488 Spider, berkat peningkatan daya, pengurangan bobot, dan peningkatan sistem areodinamis. (ryn)

Baca Juga:

Mengintip Perayaan 90 Tahun Scuderia Ferrari di Museum Ferrari

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH