Gagal Perpanjang Tren Buruk Soton, Rekor Menang 22 Laga Arsenal Malah Terhenti Charlie Austin membobol gawang Arsenal (Foto: Zimbio)

MerahPutih.Com - Rekor apik Arsenal tak terkalahkan selama 22 laga terhenti di St. Mary's Stadium, ketika kalah 3-2 dari Southampton pada pertandingan yang berlangsung Minggu (16/12) malam.

Padahal skuat asuhan Unai Emery itu datang dengan ambisi memperpanjang rekor buruk Soton yang berada di zona degradasi.

Ralph Hasenhuttl memulai debutnya sebagai manajer Southampton. Dia menurunkan taktik 3-4-3 dengan mengandalkan Stuart Armrstrong, Danny Ings, dan Nathan Redmond di lini depan.

Sementara Arsenal asuhan Unai Emery bermain dengan taktik 4-3-3 dan mengandalkan Henrikh Mkhitaryan, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Alex Iwobi di lini depan. Laurent Koscielny juga tampil kembali sebagai starter di Premier League setelah pulih dari cedera.

Pertandingan sudah dibuka melalui gol Ings di menit 20. Striker pinjaman Liverpool menanduk bola di antara bek Arsenal ketika menyambar umpan silang Matt Target. Bernd Leno tak dapat menepisnya. 1-0 Southampton unggul.

Arsenal terus meningkatkan intensitas serangan mereka hingga akhirnya mencetak gol penyama kedudukan di menit 28. Kali ini, umpan silang mendatar dari Nacho Monreal berujung assist untuk gol Mkhitaryan. 1-1.

Laga berlangsung seru dan menghibur. Arsenal mendominasi penguasaan bola, tapi Southampton juga beraksi dengan cepat melalui serangan balik ketika menguasai bola. Fans netral terhibur menyaksikannya.

Danny Ings bobol gawang Arsenal
Danny Ings bobol gawang Arsenal (Foto: Zimbio)

Kala laga tampaknya akan berakhir dengan skor 1-1 di paruh pertama, Ings mencetak gol keduanya di laga ini. Lagi, Arsenal kesulitan mengatasi umpan silang Southampton yang kali ini dilepaskan Redmond dan kembali ditanduk Ings. 2-1 tuan rumah unggul di babak pertama.

Emery langsung bertindak cepat di awal babak kedua dengan memasukkan Alexandre Lacazette menggantikan Hector Bellerin. Intensitas serangan Arsenal meningkat dan gol kedua mereka langsung tercipta di menit 53.

Mkhitaryan, tak mau kalah dengan Ings, mencetak gol keduanya di laga ini. Dengan sedikit berbau keberuntungan, sepakan keras Mkhitaryan dari luar kotak penalti mengenai kaki Jannik Vestergaard dan terdefleksi masuk ke gawang Southampton, mengecoh Alex McCarthy. 2-2.

Pertandingan terus berlangsung seru hingga memasuki menit 80. Kedua tim tampak tak mau meraih hasil imbang di laga ini. Hasenhuttl memainkan Charlie Austin dan Shane Long menggantikan Ings serta Redmond.

Sedangkan Emery menurunkan Mesut Ozil dan Ainsley Maitland-Niles ketika menarik keluar Iwobi dan Stephan Lichtsteiner. Arsenal masih lebih sering mendominasi penguasaan bola dan Southampton tetap mengandalkan serangan balik.

Adu taktik kedua manajer itu akhirnya berakhir di menit 85. Serangan balik ala Hasenhuttl mampu membawa Southampton kembali unggul. Dua pemain pengganti, Long dan Austin, bekerja sama dari serangan balik dan mengakhirinya dengan gol tandukan kepala Austin ketika menerima umpan silang Long.

Leno memilih keluar dari sarangnya. Namun tepisannya tidak sempurna dan bola tepat mengarah ke kepala Austin yang menceploskannya ke gawang Arsenal. 3-2 Southampton unggul.

Lima menit tambahan waktu diberikan di penghujung laga. Southampton mati-matian mempertahankan keunggulan dan sukses melakukannya hingga laga berakhir. Arsenal kalah 2-3 dan mengakhiri rekor tak pernah kalah selama 22 laga beruntun di seluruh kompetisi.(bolaskor.com)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Detik-Detik Penyerbuan Rumah Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI versi Tetangga Hutapea



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH