Gagal Penuhi Syarat Dukungan, Calon Independen Laporkan KPU Solo ke DKPP Anggota KPU Solo dan perwakilan dari tim pasangan Alam memperlihatkan hasil perhitungan syarat dukungan calon independen, Rabu (26/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Bakal calon pasangan Muhammad Ali Naharussurur-Achmad Abu Jazid (Alam) dipastikan gagal maju sebagai calon independen di Pilwalkot Solo 2020.

Kepastian gagalnya pasangan Alam ini diketahui dari hasil pengecekan dokumen syarat administrasi sebanyak 38.743 e-KTP oleh KPU selama tiga hari Senin-Rabu (24-26/2).

Baca Juga:

Pasangan Calon Independen Penuhi Syarat Jumlah Dukungan di Pilwalkot Solo

Dimana dari hasil pengecekan hannya sebanyak 14.557 e-KTP syarat dukungan yang dianggap memenuhi syarat. Sementara itu, sebanyak 24.186 syarat dukungan yang dianggap tidak menenuhi syarat (TMS).

KPU Solo melakukan verifikasi data e-KTP sebagai bukti dukungan terhadap pasangan calon independen
KPU Solo melakukan pleno terhadap hasil verifikasi dukungan calon independen di Pilwalkot Solo (MP/Ismail)

Total ada sebanyak 38.743 syarat dukungan pasangan Alam yang diserahkan ke KPU. Sesuai aturan KPU, batas minimal syarat dukungan sah perseorangan sebanyak 35.870 e-KTP.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan, hasil pengecekan dokumen syarat dukungan pasangan Alam sudah selesai dilakukan KPU. Hasilnya, pasangan Alam hanya mengumpulkan sebanyak 14.557 e-KTP syarat dukungan yang dianggap memenuhi syarat. Padahal, batas minimal bakal calon indeenden sebanyak 35.870 e-KTP.

"Kami putuskan pasangan Alam tidak bisa memenuhi batas minimal bakal calon indeenden sebanyak 35.870 e-KTP. Pasangan Alam hanya mengumpulkan 14.557 e-KTP syarat dukungan sah" ujar Nurul di Solo, Rabu, (26/2).

Ketua KPUD Solo Nurul Sutarti
Ketua KPUD Solo Nurul Sutarti (MP/Ismail)

Nurul mempersilakan bagi tim Alam untuk menempuh jalur hukum jika memang tidak menerima keputusan KPU ini. Batas waktu sesuai aturan selama tiga hari kedepan.

Kuasa hukum paslon Alam, Awod mengaku terkejut setelah mengetahui 24.186 dari total 38.743 dukungan yang diserahkan paslon Alam ke KPU Solo dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Baca Juga:

Gagal Bentuk Koalisi, PKS Buka Pintu Dukung Calon Independen di Pilwakot Solo

"Kami akan laporkan KPU Solo ke DKPP dan Bawaslu atas keputusan ini. Banyak keputusan KPU yang dianggap ganjal dan tidak konsisten dengan aturan yang telah dibuat," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Gibran Puji Calon Independen yang Tak Gentar Tantang PDIP di Pilwalkot Solo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH