Gagal Masuk Negeri? Ini Pilihan Alternatif Universitas Swasta Terbaik Universitas Indonesia (foto: twitter @univ_indonesia)

MerahPutih.com - Kampus swasta terbaik tersebar di seluruh kota besar di nusantara. Universitas ini juga menawarkan kualitas yang bagus. Artinya, tak kalah dengan PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Perguruan tinggi negeri biasanya menjadi pilihan utama bagi hampir seluruh pelajar. Ini berangkat dari kualitas pendidikannya yang bagus. Membuat para pelajar berlomba-lomba untuk mengikuti ujian masuk.

Sayangnya, tidak semua calon mahasiswa mampu melewati ujian masuk di PTN. Pasalnya, kuota dari pelajar yang akan diterima tidak sebanding dengan banyaknya para pendaftar. Makanya, harus ada opsi lain ketika tidak bisa menjadi mahasiswa di PTN, dengan memilih kuliah di universitas swasta terbaik di nusantara.

UGM

Di universitas ini, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan masih terbuka lebar. Tentunya, mutu pendidikannya tidak kalah dengan universitas negeri. Oleh karenanya, Anda tidak perlu merasa kecewa meskipun tidak bisa melanjutkan pendidikan di kampus negeri.

Penilaian Untuk Menentukan Terbaik Tidaknya Sebuah Universitas

Ketentuan bagus tidaknya lembaga pendidikan sejatinya bergantung pada kualitas/mutu pendidikan. Tentunya ini bisa ditandai dengan lulusannya yang ada sejauh ini. Misalnya apakah lulusannya menjadi seseorang yang berperan di beberapa bidang pekerjaan atau tidak.

Namun begitu, masih ada penilaan yang bisa digunakan. Ada yang berdasarkan situs webometrics ataupun berdasarkan status akreditasi dari kampus itu sendiri. Setidaknya, kedua pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui dengan benar kualitas pendidikannya.

Webometrics sendiri adalah salah satu situs yang memberikan penilaian tentang kemajuan dari sebuah universitas. Baik itu universitas di sebuah negara, ataupun di seluruh dunia.

Penilaiannya diukur berdasarkan presence, impact, openness dan excellence. Keempat pengukuran ini menjadi tolok ukur dari perkembangan sebuah universitas.

Presence adalah penilaian atas jumlah halaman website dari universitas yang tertangkap mesin pencari google. Impact adalah jumlah eksternal link yang didapatkan oleh domain universitas.

Sementara openness adalah jumlah file dokumen yang bisa dibuka dari website kampus. Dan excellence adalah jumlah artikel ilmiah yang ada di website dan tertangkap mesin pencari.

Sedangkan untuk status dari universitas sendiri diukur oleh pemerintah. Tentunya status akreditasi A adalah status terbaik. Karena universitas setidaknya ditenagai oleh pendidik yang kompeten, dan fasilitas pendidikannya juga menunjang.

Contohnya adalah fasilitas gedung perkuliahan yang nyaman. Kemudian memiliki kelengkapan alat bantu pendidikan, sampai kelengkapan perpustakaan dan kelengkapan-kelengkapan lainnya. Bisa dikatakan jika universitas dengan akreditasi A memiliki nilai terbaik karena kesempuraan fasilitasnya dan mutu pendidikannya.

Binus

Universitas Swasta Terbaik Versi Webometrics

Berdasarkan penilaian dari situs Webometrics, ada sejumlah universitas swasta di Indonesia yang memiliki nilai sangat baik. Tentunya, kampus-kampus ini cukup bergengsi. Dan tidak kalah dengan universitas negeri yang ada di nusantara. Apa saja kampus yang memiliki kemajuan pendidikan versi webometrics?

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta

Didirikan 18 November 1960, universitas ini menjadi salah satu yang terbaik di nusantara. Tidak tanggung-tanggung, UAD Yogyakarta ini menempati urutan pertama sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.
Sementara untuk keseluruhan universitas, UAD sendiri menempati posisi ke 17 sebagai universitas terbaik. Hal ini dinilai dari elemen pengukur seperti presence, impact dan lain sebagainya.

Di universitas ini, calon mahasiswa bisa memilih fakultas yang diinginkan. Diantara fakultas yang bisa dipilih adalah Tarbiyah, Ekonomi, Farmasi, Hukum, FKIP, Kesehatan, Teknologi Industri, Matematika, Sastra, Ilmu Komunikasi dan lain sebagainya.

Universitas Kristen Petra

Kampus swasta terbaik selanjutnya adalah Universitas Kristen Petra. Universitas ini didirikan pada tanggal 22 September 1961. Lokasinya berada di Surabaya dan dikelola oleh yayasan kristiani di kota tersebut.

Kampus ini menduduki posisi kedua setelah UAD sebagai kampus terbaik swasta. Dan menempati posisi 19 sebagai kampus terbaik seindonesia.

Di universitas ini terdapat sejumlah fakultas yang bisa Anda tentukan. Mulai dari fakultas teknik industri, sastra, seni dan desain, ekonomi, maupun fakultas ilmu komunikasi.

Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara ini dikenal juga dengan Binus University. Didirikan tanggal 21 Oktober 1974. Serta dikelola oleh lembaga pendidikan Bina Nusantara sendiri.

Di universitas ini, layanan menarik diberikan. Diantaranya adalah menawarkan perkuliahan dengan satu gelar sarjana serta perkuliahan dengan dua gelar sarjana. Tentunya dua gelar dari fakultas yang berbeda.

Universitas ini menurut data Webometricsh, posisinya berada di urutan ketiga sebagai universitas swasta terbaik. Dan di level Indonesia, universitas ini menempati rangking ke 20.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas ini berdiri megah di Yogyakarta. Didirikan pada tanggal 1 Maret 1981. Sejauh ini, UMY sendiri menempati peringkat keempat sebagai kampus terbaik swasta.

Sementara di level nusantara, UMY menempati urutan ke-22 sebagai yang terbaik. Mutu pendidikannya juga terjamin. Dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang professional di dunia kerja.

Di UMY sendiri, banyak sekali fakultas yang bisa dipilih calon mahasiswa. Diantaranya adalah fakultas ekonomi, fakultas agama islam, fakultas ilmu sosial dan politik, kedokteran, bahasa dan lain sebagainya.

Universitas Dian Nuswantoro

Universitas lain yang layak untuk dituju adalah Universitas Dian Nuswantoro. Kampus ini didirikan di tahun 1990, bertempat di Semarang.

Kampus swasta ini menempati peringkat kelima sebagai yang terbaik. Dan di level nusantara, posisinya berada di peringkat 23.

Tawaran fakultasnya juga banyak. Diantaranya adalah fakultas eknomi dan bisnis, ilmu komputer, ilmu budaya, kesehatan dan fakultas teknik.

Universitas Swasta Terbaik Dengan Akreditasi A

Akreditasi A menjadi acuan jika universitas yang dimaksud memiliki kesempurnaan yang berhubungan dengan pendidikan. Mulai dari tenaga pendidik, sampai fasilitas di dalamnya. Tak pelak jika universitas dengan akreditasi A ini memiliki mutu pendidikan yang lebih baik. Nah, apa saja Kampus swasta terbaik yang memiliki akreditasi A ini?

Universitas Mercubuana

Universitas Mercubuana ini menjadi salah satu universitas terbaik di lihat dari sisi akreditasi. Setidaknya, ini didapatkan tahun 2017 kemarin dan akan berlangsung sampai 5 tahun kedepan.

Kampus top ini didirikan pada tahun 1985. Lokasinya berada di Jakarta. Menawarkan ragam fakultas yang bisa ditentukan oleh calon mahasiswa.

Di antara fakultas yang bisa dipilih adalah fakultas desain dan seni kreatif, teknik, ekonomi dan bisnis, ilmu komunikasi dan masih banyak lagi. Tentunya fakultas inilah yang paling banyak dicari oleh calon mahasiswa.

Universitas Gunadarma

Satu lagi universitas yang memiliki sertifikat akreditasi A adalah Gunadarma. Lokasinya berada di Depok. Didirikan tepat di tahun 1996.

Fakultas yang ditawarkan juga cukup banyak dan menjanjikan di dunia kerja. Di antaranya adalah fakultas teknik sipil dan perencanaan, ilmu komunikasi, sastra, teknologi industri, ilmu computer dan teknologi informasi.

Tentunya masih banyak sekali universitas yang bisa dilirik oleh calon mahasiswa. Yang terpenting, tentukan dulu mau meningkatkan kemampuan di bidang apa. Jika sudah, silahkan tentukan universitas dan fakultas yang sesuai dengan bidang yang ingin dikuasai.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan tentang universitas terbaik di Indonesia. Jika Anda kehilangan satu kursi di PTN, tidak perlu kecewa. Karena masih ada tempat lain yang sama-sama memberikan dukungan pendidikan tak kalah hebat. Yakni mendaftarkan diri di salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia tersebut. (*)

Artikel ini ditulis MerahPutih.com dari berbagai sumber.



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH