Gagal ke Piala Dunia Dicoret FIFA, Timnas Rusia Mau Hijrah dari UEFA ke Asia

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 31 Maret 2022
Gagal ke Piala Dunia Dicoret FIFA, Timnas Rusia Mau Hijrah dari UEFA ke Asia
Jersey tim nasional Rusia dalam kualifikasi EURO 2020. (ANTARAFoto/AFP)

MerahPutih,com - Federasi sepak bola Rusia berencana untuk keluar dari badan sepak bola Eropa atau UEFA untuk pindah bergabung dengan konfederasi sepakbola Asia (AFC).

Dikutip dari Antara, Kamis (31/3), rencana kepindahan Rusia ini sebagai buntut dari sanksi bertubi-tubi dari UEFA yang diterima terkait invansi ke Ukraina. Aksi invasi itu juga berujung sejumlah sanksi dari otoritas sepak bola dunia, FIFA ke Federasi sepak bola Rusia.

Baca Juga:

Timnas dan Klub Rusia Resmi Dikucilkan dari Sepak Bola Internasional

UEFA dan FIFA sepakat melarang tim nasional Rusia tampil dalam putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, termasuk dianulirnya status mereka di fase playoff kualifikasi zona Eropa pada 1 Maret lalu. Rusia sebetulnya dijadwalkan bertemu Polandia di babak semifinal Jalur B.

Sebelum FIFA menjatuhkan sanksi itu, Polandia, Swedia dan Republik Ceko yang berada di playoff Jalur B langsung kompak menyatakan tidak bersedia bertanding menghadapi Negeri Beruang Merah. Sikap mereka tidak lepas dari keputusan Presiden Vladimir Putin mengerahkan tentaranya menginvasi Ukraina sejak akhir Februari lalu

Baca Juga:

Resmi, UEFA Pindahkan Final Liga Champions dari Rusia

Sanksi juga dirasakan di level klub, di mana Spartak Moskow yang sedianya tampil di babak 16 besar Liga Europa, langsung didepak dari kompetisi kasta kedua Eropa tersebut. UEFA juga sudah membatalkan hak tuan rumah final Liga Champions 2021/22 dari Saint Petersburg ke Paris, Prancis.

Timnas Rusia (Twitter)

Boyongan dari UEFA ke AFC bisa jadi merupakan jalan alternatif bagi Rusia atas sanksi bertubi-tubi yang diterima, mengingat awal bulan ini mereka juga sudah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) atas sanksi-sanksi tersebut.

Meski Rusia tampaknya serius pindah ke zona Asia, tetapi proses kepindahan tidak semudah itu. Laporan Marca menyebutkan rencana kepindahan Rusia ke AFC juga masih bergantung restu dari FIFA dan UEFA.

Aturan yang berlaku mengatur agar Rusia harus terlebih dulu mengajukan pengunduran diri dari UEFA, lantas setelah mendapat persetujuan dari FIFA, mereka baru kemudian bisa mendaftarkan diri sebagai anggota baru AFC.

Perpindahan konfederasi benua bukan hal baru dalam dunia sepak bola, mengingat Israel juga pernah hijrah dari AFC ke UEFA dan Australia yang sejak 2005 meninggalkan konfederasi sepak bola Oseania (OFC) ke AFC demi kuota tiket putaran final Piala Dunia yang lebih besar. (*)

Baca Juga:

Viral, Bintang Film Dewasa Ini Tertangkap Kamera, Dukung Timnas Rusia

#Konflik Ukraina #FIFA #UEFA #AFC
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan