Gagal Isi Ketua MPR, Kans Gerindra Dapat Kursi Kabinet Makin Besar Pengamat politik Siti Zuhro (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - Pengamat politik Siti Zuhro menilai, kans Gerindra bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo semakin besar. Hal ini tak lepas dari adanya pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Joko Widodo di Istana Negara.

Menurut Siti, tidak mendapat posisinya Gerindra di Ketua MPR memperkuat dugaan mereka akan mendapat kursi di kabinet.

Baca Juga

Jokowi Mau Temui Calon Menteri, PDIP Berpesan Dahulukan Kader Partai Koalisi

"Tak tertutup kemungkinan untuk duduk di kursi kabinet. Tergantung siapa yang akan dipromosikan pak Prabowo duduk di kursi itu," kata Siti di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10).

Siti melanjutkan, jika kemarin Gerindra mendapat kursi Ketua MPR, maka kecil kemungikinan bakal mendapat kursi di kabinet. "Kelihatannya di parlemen mereka tak menentukan," jelas Siti.

Siti Zuhro, peneliti LIPI. (MP/Fadhli)

Pengamat dari LIPI ini mengaku sulit memastikan akan mendapatkan kursi berapa di dalam kabinet. "Saya rasa ini pak Jokowi tak mudah didikte," jelas Siti.

Masalahnya, banyak partai di koalisi Jokowi yang sama-sama menuntut untuk diberikan kursi di kabinet. "Mereka merasa yang bisa memenangkan pak Jokowi di pemilu ini. Wajar saja partai-partai menuntut seperti itu karena itu akan mengancam dirinya kalau tak disuarakan," jelas Siti.

Baca Juga

Jika Ditawari Menteri, Gerindra Incar Kementerian Ini

Meski begitu, Siti mengapresiasi sikap Prabowo yang baik dan mau bersatu bersama eks lawan politiknya demi pembangunan nasional. "Ini menjadi penting mengakhiri konflik di masyarakat dan bersama membangun bangsa," jelas Siti. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH