Gaet Wisatawan Millennial, Payakumbuh Bangun Dua Destinasi Kekinian Berswafoto di spot sarang burung, Puncak Marajo. (Foto: instagram@yonaprnm_)

BERSWAFOTO dengan latar belakang pemandangan indah seolah sudah menjadi kewajiban bagi anak muda sekarang. Mereka rela melancong jauh demi sebuah potret yang bagus untuk di letakkan di beranda media sosial.

Melihat kebiasaan itu, pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, langsung bergegas mempersiapkan dua destinasi wisata baru dengan corak millennial. Hal ini bertujuan agar wisatawan, khususnya kaum muda datang ke Payakumbuh.

"Saat ini sedang kami siapkan wisata alam Puncak Marajo yang lokasinya berdekatan dengan Ngalau Indah," kata Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Haidatul Rahmat seperti dilansir Antara.

Kemudian, destinasi wisata lainnya yang akan hadir di Payakumbuh adalah Ruang Terbuka Hijau Jembatan Ratapan Ibu. Tempat ini akan dijadikan objek wisata yang mengusung konsep millennial. Tentu dengan maksud agar dikerumuni anak-anak muda.

1. Wisata sembari olahraga di Puncak Marajo

Berswafoto di Puncak Marajo. (Instagram/@sudutpayakumbuh)
Berswafoto di Puncak Marajo. (Foto: instagram@sudutpayakumbuh)

Untuk Puncak Marajo, karena lokasinya sangat berdekatan dengan destinasi wisata Ngalau Indah, kemungkinan tidak banyak yang akan diubah karena fasilitas sudah cukup memadai, seperti anak tangga yang bagus untuk menuju puncaknya.

"Di Puncak Marajo yang akan ditambah mungkin spot untuk berswafoto dan sarana kebersihan," ujarnya.

Dari Puncak Marajo, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam yang bagus dan menyejukkan pandangan. Dari atas juga terlihat beberapa puncak gunung, seperti Gunung Talang, Marapi dan Gunung Sago.

"Objek wisata ini juga cocok untuk berolahraga trekking, jadi sambil olahraga juga bisa berwisata," kata Haidatul.

2. Wisata millennial berkerangka sejarah di Jembatan Ratapan Ibu

Ruang Terbuka Hijau Jembatan Ratapan Ibu. (Instagram/@gadihbujangpayakumbuh)
Ruang Terbuka Hijau Jembatan Ratapan Ibu. (Foto: instagram@gadihbujangpayakumbuh)

Objek wisata di Jembatan Ratapan Ibu nantinya akan disiapkan beberapa wahana yang menarik, salah satunya flying fox. Pembangunan ini tentu saja agar menarik minat para kaum millennial.

Sejatinya, Jembatan Ratapan ibu dulunya merupakan bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Tempat ini, pernah menjadi saksi bisu bagaimana kerasnya perjuangan para pejuang melawan penjajah, dan patung ratapan ibu merupakan simbol dari perlawanan itu.

3. Lokasi wisata baru millennial yang berada di dekat pusat kota

Jalan menuju Puncak Marajo. (Foto/lancangkuning.com)
Jalan menuju Puncak Marajo. (Foto: lancangkuning.com)

Kedua lokasi millennial yang akan di bangun perintah kota Payakumbuh ini terletak tak jauh dari pusat kota. Puncak Marajo hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh. Jika kamu datang dari Bukittinggi, lokasinya berada sebelum masuk kota Payakumbuh.

Sedangkan Jembatan Ratapan Ibu letaknya tepat di pusat kota Payakumbuh, tepatnya di samping Pasa Ibuah atau Pasar Ibuh. Lokasinya berada tepat di pinggir sungai, namanya Batang Agam. (zaim)

Baca Juga: Air Terjun Lubuk Batang, Destinasi Tersembunyi di Lima Puluh Kota

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH