Liburan

Gawai Hilang atau Rusak Saat Liburan? Jangan Khawatir! Lakukan Hal Ini

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Kamis, 04 Juli 2019
Gawai Hilang atau Rusak Saat Liburan? Jangan Khawatir! Lakukan Hal Ini
Hati-hati dengan gawai kamu selama melakukan aktivitas pada liburan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

PERGI berlibur selalu menjadi momen menyenangkan bagi banyak orang. Namun, keberadaan perangkat pintar membuat kita kerap memanfaatkan waktu senggang di sela-sela liburan dengan memainkannya. Tablet dan telepon pintar merupakan perangkat esensial yang kita bawa ke tempat berlibur.

Lalu apa yang kamu lakukan untuk melindungi perangkat pintarmu saat liburan? Bagaimana kamu memastikan perangkat pintarmu tidak dicuri orang? Apa upayamu agar perangkat atau data-datamu kembali jika perangkatmu dicuri? Berikut sejumlah tips untuk memastikan perangkatmu tetap aman selama liburan:

1. Hindari Penggunaan Tas Laptop

Tas Laptop
Letakkan laptop di tasmu (Sumber: Be Fine)

Tas laptop yang kita jinjing seolah menginformasikan kepada pencuri bahwa di dalamnya ada barang yang berharga. Mereka pun akan dengan mudah mengambilnya darimu. Untuk menghindarinya cukup tinggalkan tas laptop di rumah. Saat ini, begitu banyak koper yang didesain dengan kompartemen penyimpanan laptop. Manfaatkan kompartemen tersebut guna menghindari penggunaan tas laptop. Ukuran kompartemen ini juga cukup loh untuk tabletmu.

Baca artikel berikut: Kehilangan Dompet saat Liburan? Segera Lakukan 5 Hal Penting Ini!

2. Gunakan Password Pada Perangkatmu

Password di Ponsel
Password (Sumber: Gadget Hacks)

Kesadaran para pengguna perangkat pintar akan keamanan cukup tinggi. Salah satu upaya untuk menjaga keamanan perangkat pintar adalah dengan memasang password pada perangkat pintar. Namun, ternyata ada sejumlah kombinasi angka yang paling sering digunakan pada perangkat pintar. Diantaranya adalah 123456, 123456789, “qwerty”, 12345678, 111111, 1234567890, 1234567, “password”, 123123, 98765431, 123321, 7777777, dan tanggal lahir.

Banyaknya pengguna perangkat pintar menggunakan kombinasi angka tersebut membuat pencuri mencoba kombinasi-kombinasi angka tersebut saat ia mengambil perangkat seseorang. Hindari penggunaan kombinasi tersebut untuk mempersulit pencuri dalam mengakses perangkatmu. Dengan demikian, data-data pada perangkatmu akan terlindungi.

3. Instal Fitur Pelacak

Kehilangan smartphone
Lacak ponselmu (Sumber: Lifehacker)

Dewasa ini, begitu banyak pengembang perangkat yang melengkapi produknya dengan fitur pelacak. Fitur ini memudahkan kita mengetahui posisi perangkat pintar jika diambil oleh seseorang. Hal tersebut mempermudah kita untuk mendapatkan kembali barang berharga kita tersebut. Jika perangkat pintarmu tidak disertai dengan fitur pelacak, segera unduh fitur pelacak untuk proteksi terhadap perangkat pintar kita. Namun perlu diketahui bahwa sebagian pencuri cukup cerdas untuk mematikan perangkatmu atau mengaktifkan mode pesawat. Dengan demikian, perangkatmu takkan dengan mudah terlacak.

Baca juga artikel: Perhatikan Sekitar dan Tetap Waspada saat 'Selfie' di Tempat Wisata Air

4. Selalu Back-up Datamu Secara Berkala

Backup data
Back-up Data (Sumber: Digital Trends)

Salah satu hal yang cukup disesali seseorang ketika ponselnya diambil adalah data-data dan memori yang ada di dalamnya. Apalagi jika itu menyangkut kontak telepon, foto-foto dan dokumen penting di dalamnya. Tak terbayang betapa nyeseknya ketika semua itu hilang dalam sekejap. Untuk meminimalisir penyesalanmu, rutinlah mem-backup data-data yang ada di perangkat pintarmu.

5. Asuransikan Perangkat Pintarmu

Asuransi Gadget
Asuransikan Ponsel (Sumber: Gadget to Use)

Ada salah satu cara yang bisa meminimalisir kerugian akan kehilanganmu namun membutuhkan banyak uang. Asuransikan perangkat pintarmu! Meskipun biaya yang harus dikeluarkan cukup besar namun mengurangi kecemasanmu akan kehilangan perangkat pintar. Tak hanya bisa mengantisipasi hilangnya gawai, asuransi juga bisa digunakan ketika ponselmu rusak karena jatuh ke laut atau pecah saat di jalan. Liburanmu pun terasa menyenangkan dan tanpa beban. (avia)

Artikel lainnya: Nge-Vlog Seru saat Liburan, ini Rahasianya

#Juli Liburan #Smartphone #Layar Smartphone #Gadget Freak #Tips Liburan #Realita Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan