Pernah Gabung di Band Metal, Soleh Solihun Kebagian Posisi Mengejutkan Soleh Solihun pernah gabung di band metal. (foto: MP/Albi)

MEMULAI karier sebagai jurnalis musik, Soleh Solihun kini lebih dikenal sebagai seorang komedian dan aktor. Bahkan ia sudah melebarkan sayap sebagai sutradara film.

Rupanya pria jebolan acara Stand Up Comedy ini memang pencinta sejati musik. Salah satu aliran musiknya yang ia gemari ialah musik metal. Bahkan, sewaktu kuliah ia pernah tergabung dalam grup band beraliran musik keras itu.

Jika setiap band memiliki posisi seperti vokalis, gitaris, basis, dan drummer, serta ada beberapa band yang memiliki posisi pemain kibor, berbeda dengan band yang digawangi Soleh. Pria 39 tahun ini memang menjadi pentolan band semasa kuliahnya. Namun, ia sama sekali bukan seorang vokalis utama maupun pemain alat musik. Posisi Soleh ini lain daripada yang lain. Ia berperan sebagai MC dalam band tersebut. "Gua ini satu-satunya MC di band rock," ujar Soleh di Jakarta Selatan, Kamis (12/7).

Saat menjadi MC band metal itulah kelucuan Soleh mulai terlihat. Seakan-akan ia tengah melakukan stand up comedy di sela-sela penampilan band-nya. "Ketika band beres lagu, gua ngomong, orang ketawa," kenang Soleh.

Namun, ia juga terlibat saat band-nya membawakan lagu. Meskipun tidak menjadi vokalis utama, ia memainkan posisi sebagai penyanyi latar.

Tentu ada alasan seseorang menyukai jenis musik. Seperti band metal ini. Bagi Soleh, ia menyukai aliran musik yang membuatnya semangat, bukan musik dengan lirik yang hanya menghanyutkan hati. "Gua tuh kalau dengerin musik senengnya yang membangkitkan semangat, enggak loyo, karena enggak suka yang lemah, nyanyinya yang manja mellow gitu," ujar Soleh.

Sebagai penyuka musik, pemain Reuni Z tentu tak akan melewatkan festival musik metal terbesar se-Asia Tenggara, Hammersonic Festival 2018. Namun, ketimbang musik metal, ia mengaku lebih menyukai musik punk. Karena itu, ia amat menunggu penampilan band Deas Kennedys pada konser yang dihelat 22 Juli mendatang itu.

Hammersonic memang akan tampil beda dengan menghadirkan band aliran antimainstream di luar musik metal. "Gua lebih suka punk daripada metal. Makanya gua senang saat Hammersonic ada variasi line-up," pungkasnya. (Ikh)

Kredit : digdo


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH