FX Rudy Jawab Kabar Jadi Menpan RB Usai Bertemu Jokowi di Istana

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 30 Agustus 2022
FX Rudy Jawab Kabar Jadi Menpan RB Usai Bertemu Jokowi di Istana
Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di istana Merdeka Jakarta, Senin (29/8). Keduanya berbicara empat mata dalam pertemuan dengan jamuan makan siang tersebut.

Tersiar kabar pertemuan ini berkaitan dengan FX Rudy menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia.

Dikonfirmasi di kediamannya, Rudy membantah adanya tawaran menjadi Menpan RB. Ia mengakui pada tanggal 23-27 Agustus ke Jakarta.

Baca Juga:

Jokowi-Mega saat Pelantikan BPIP, FX Rudy: Bukti Hubungan Keduanya Tak Renggang

"Saya ingat beliau (Jokowi) bilang mampir kalau ke Jakarta. Akhirnya saya lewat Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara) diminta tanggal 29 Agustus ke Istana bertemu Presiden Jokowi," kata Rudy, Selasa (30/8).

Ia mengaku pada hari Minggu kemarin sedang ke Jakarta mengirim makanan ke rumah Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri sehingga sekalian mampir ke Istana Merdeka.

"Saya ke sana (Istana Merdeka) diajak makan siang beliau (Jokowi). Suatu kebanggaan buat rakyat, diajak makan oleh Presiden Indonesia," katanya.

Ketua DPC PDIP Solo ini memastikan tidak ada pembicaraan soal jabatan Menteri Menpan RB dan reshuffle kabinet. Pembicaraan yang ada soal pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Gilingan, Solo yang kekurangan anggaran Rp 78 miliar.

"Kalau dianggarkan APBD cukup berat, bisa defisit anggaran. Jadi perlu dibantu pusat agar tidak mangkrak. Itu saya bicarakan pada Presiden Jokowi," kata dia.

Baca Juga:

Benarkan Diundang Jokowi ke Istana, FX Rudy: Kangen-kangenan Saja

Ia mengaku tidak layak menduduki Menpan RB. Selain itu, ia juga menjaga perasaan dengan mantan mitranya eks Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

Diketahui pada Pilkada 2020, DPC PDIP mengusung cawali dan cawawali Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. Namun, rekomendasi jatuh pada putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa.

"Itu hoaks saya ditawari jadi Menpan RB. Soal reshuffle urusan Presiden dan Ketum PDIP. Saya orang bodoh dan rakyat jelata. Saya juga tidak mau dinilai Pak Purnomo barter (politik)," tegas dia.

Ia menambahkan di akhir pertemuan pihaknya menegaskan PDIP dan Fraksi PDIP di DPRD Solo mendukung penuh kebijakan dan program Wali Kota Solo.

"Saya sampaikan Fraksi PDIP DPRD Solo mendukung penuh kebijakan dari Mas Wali (Gibran)," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Jokowi Undang Mantan Partner di Solo FX Rudy ke Istana

#FX Hadi Rudyatmo #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan