Freeport Klaim Kerugian hingga Rp 42 Miliar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 21 Agustus 2017
Freeport Klaim Kerugian hingga Rp 42 Miliar
Sejumlah karyawan korban PHK PT Freeport Indonesia berunjuk rasa di Cek Point Mile 28, Timika, Papua, Sabtu (19/8). (ANTARA FOTO/Spedy Paereng)

MerahPutih.com - PT Freeport Indonesia mengalami kerugian hingga tiga juta dolar AS akibat aksi perusakan massa mantan karyawan Freeport pada Sabtu (19/8) di beberapa titik di Timika, Papua.

"Hari ini masih diinventarisasi berapa kerusakan kita, itu kalau tidak salah angkanya mencapai tiga juta lebih dolar AS atau setara dengan Rp 42 miliar," kata Executive Vice Presiden (EVP) PT Freeport Indonesia Sony Prasetyo di Timika, Minggu (20/8).

Menurutnya, kerugian tersebut mencakup semua aset termasuk kendaraan milik perusahaan maupun milik karyawan Freeport yang ada dicek poin 28, gorong-gorong dan Petrosea.

"Infrastruktur juga telah kami inventarisasi seperti sistim IT dan X-ray yang ada di gorong-gorong hancur semua dan itu mahal juga," ujarnya.

Pada Sabtu (19/8) petang hingga malam, ratusan karyawan mogok menyerbu Check Point 28, samping Bandara Mozes Kilangin Timika, kemudian membakar empat mobil milik PT Freeport Indonesia, gardu listrik, dan merusak pos sekuriti.

Bukan hanya itu, massa juga merusak puluhan sepeda motor yang diparkir sekitar pos sekuriti Check Point 28.

Massa terus bergerak ke ruas jalan poros yang menghubungkan Pelabuhan Amamapare-Timika-Tembagapura dan membakar mobil trailer konteiner, mobil tanki air dan peralatan eksavator.

Massa karyawan mogok sempat mendirikan tenda tepat di pertigaan ruas jalan utama Freeport Pelabuhan Amamapare-Timika-Tembagapura, namun dibubarkan secara paksa oleh aparat sekitar pukul 20.00 WIT.

Massa yang kocar-kacir menyelamatkan diri akhirnya menuju Terminal Bus Gorong-gorong dan membakar fasilitas perkantoran di lokasi itu.

Sebagian massa dengan sepeda motor bergerak ke Jalan Cenderawasih lalu merusak fasilitas perkantoran PT Petrosea. Dua unit bus, dan sekitar 17 kendaraan milik PT Petrosea serta mess karyawan menjadi sasaran amukan massa karyawan mogok. (*)

Sumber: ANTARA

#Freeport #Demonstrasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan