Freeport Gandeng Gereja Timika

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 29 Juli 2017
Freeport Gandeng Gereja Timika
President dan CEO Freeport-McMoRan Inc Richard C Adkerson. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

MerahPutih.com - PT Freeport Indonesia menggandeng Gereja Katolik Keuskupan Timika dalam melakukan program pemberdayaan ekonomi masyarakat Suku Kamoro yang bermukim di delapan kampung di wilayah pesisir Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Vice President PT Freeport Bidang Social & Local Development Claus Wamafma mengatakan, kerja sama antara Freeport dengan Gereja Katolik Keuskupan Timika dalam memberdayakan masyarakat Suku Kamoro di wilayah pesisir Mimika sudah berlangsung cukup lama baik di bidang ekonomi (pemberdayaan ekonomi nelayan), pendidikan, kesehatan dan lainnya.

"Yang kami lakukan sekarang sebagai penguatan terhadap hal-hal yang sudah dikerjakan sebelumnya. Apa-apa yang masih kurang perlu diperbaiki agar ke depan masyarakat Suku Kamoro di delapan kampung benar-benar menjadi subyek dari program itu dan pada gilirannya nanti mereka bisa mandiri," jelas Claus di Timika, Jumat (28/7).

Kerja sama antara PT Freeport Indonesia dengan pihak Keuskupan Timika melalui Koperasi Maria Bintang Laut tersebut difokuskan pada penguatan ekonomi masyarakat delapan kampung pesisir Mimika yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan.

Melalui kerja sama dimaksud, PT Freeport dan Koperasi Maria Bintang Laut Keuskupan Timika memberikan bantuan alat tangkap atau sarana produksi berupa jaring, bahan bakar minyak (BBM), cool box, timbangan, es balok yang digunakan oleh para nelayan lokal untuk bisa menghidupi ekonomi keluarga mereka.

Adapun delapan kampung Suku Kamoro di wilayah pesisir Mimika yang menjadi titik sasaran program tersebut yaitu Koperapoka, Nawaripi, Nayaro, Tipuka, Ayuka di Distrik Mimika Baru dan Mimika Timur serta tiga kampung di Distrik Mimika Timur Jauh yang meliputi Fanamo dan Omawita (Manasari) serta Otakwa (Omouga).

Uskup Timika Mgr John Philip Saklil menyambut baik kerja sama dengan PT Freeport dalam upaya memberdayakan masyarakat Suku Kamoro di pesisir Mimika. (*)

Sumber: ANTARA

#Mimika #Freeport #Gereja Katolik
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan