Frangivento GT65 Hanya Dibuat 3 Unit untuk Hormati Loris Capirossi

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 01 Februari 2023
Frangivento GT65 Hanya Dibuat 3 Unit untuk Hormati Loris Capirossi
Hanya dibuat tiga unit. (Instagram@frangivento_automobili)

BERANGKAT dari perpaduan antara sepeda motor, supercar, dan juara dunia olahraga balap, lahirlah mobil performa tinggi GT65 Windbreak. Mobil supersport buatan Italia ini dan berbasis di Sorpasso, menghadirkan edisi khusus yang didedikasikan untuk juara dunia MotoGP Loris Capirossi.

Sang juara dunia tiga kali nan mahsyur itu memiliki catatan karier yang begitu mentereng. Bahkan menjadi salah satu pembalap kebanggaan warga Italia setelah Valentino Rossi. Ada tiga unit mobil yang diluncurkan, yang dinamai 90, 91, dan 98 sebagai penghormatan kepada tahun-tahun kemenangan gelar juara dunia Capirossi.

Model-model itu diharapkan dapat membawa estetika dan aerodinamika GT65 ke tingkat yang ekstrem sambil menjaga semangat dan performa tinggi yang tak berubah. Berasal dari Sorpasso, GT65 dirancang dan dikembangkan oleh Giorgio Pirolo dan Paolo Mancini, yang pernah bekerja dengan Ferrari, McLaren, Porsche, Zagato, dan Fiat di masa lalu.

Baca juga:

Chevrolet Corvette E-Ray, Super Car Listrik Bertenaga 665 DK

Dibuat khusus untuk menghormati karier cemerlang sang juara dunia. (Instagram@frangivento_automobili)

Pengembangannya juga diawasi oleh Loris Capirossi sendiri. Semua dipantau sedemikian rupa sehingga jok sport dengan bahan Alcantara dan kulit hitam (dipasok oleh Mario Levi Group) dikembangkan berdasarkan ergonomi pengemudi. Sementara tombol pengapian bertuliskan 'GAS GAS' merupakan penghormatan lain untuk Capirossi.

Secara estetika, GT65 memiliki banyak referensi dari mobil GT3, dengan kelengkapan aerodinamis serat karbon yang sangat menonjol dan sirip tengah yang membentang dari atap ke sayap. Ada juga splitter, roda OZ 20 inci dengan ban Pirelli PZero Trofeo dan unit pencahayaan depan yang telah direvisi agar lebih aerodinamis.

Di bawah kap mesin, terdapat mesin V10 5.200 cc bertenaga 650 HP yang dipadukan dengan bobot mobil yang hanya 1.480 kg. Frangivento menampilkan performa supercar murni, dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu tiga detik dan kecepatan maksimum lebih dari 330 km/jam.

Baca juga:

Puluhan Super Car Gelar Acara Amal Di Singapura

Hadir hanya tiga unit berdasarkan tahun juara dunia Capirossi. (Instagram@frangivento_automobili)

Frangivento hanya merilis tiga unit GT65. Lantas, siapa yng akan berhak mendapatkan atau membeli tiga mobil tersebut? Saat ini perusahaan masih bungkam. Namun, mereka mengatakan bahwa proses negosiasi penjualan sudah dimulai. Adapun tes lintasan di Sirkuit Imola akan dilaksanakan secara tertutup.

Sementara itu, mereka yang ingin mengendarainya bisa melakukannya secara virtual melalui gim Asphalt 9: Legends, video gim untuk ponsel, PC, Nintendo Switch, Xbox Series X/S, dan Xbox One. Selain itu, dari 6-11 Februari, GT65 akan dipamerkan di ruang tunggu Casa Sanremo di Palafiori. (waf)

Baca juga:

McLaren P1, Mobil 'Super Car' Edisi Terbatas

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan