Francia Raisa Ungkap Kesulitan Pascatransplantasi Ginjal

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 17 Maret 2018
Francia Raisa Ungkap Kesulitan Pascatransplantasi Ginjal
Selena Gomez dan Francia Raisa sama-sama melewati depresi pascaoperasi. (foto: self.com)

SAHABAT Selena Gomez, Francia Raisa, dengan sukarela mendonasikan ginjalnya melalui sebuah operasi transplantasi, akhir tahun lalu. Sementara Gomez terlihat telah kembali beraktivitas seperti biasa, Raisa juga perlahan kembali pulih.

Meskipun demikian, tak banyak yang tahu bahwa keduanya harus melewati masa sulit pascaoperasi. Gomez beberapa waktu lalu bahkan harus menarik diri dari sorotan publik untuk menjalani rehabilitasi kejiwaan. Di lain hal, Raisa baru-baru ini juga mengungkap 'perjuangan' yang harus ia lalui setelah mendonorkan ginjal. Hal itu ia ungkapkan lewat sebuah video untuk Self.

Dalam video itu Raisa menjelaskan bahwa para pekerja sosial telah memperingatinya tentang betapa beratnya masa penyembuhan yang harus ia jalani.

"Ini akan jadi berat. Penerima ginjal akan terlihat sehat dan ia akan pulih jauh lebih cepat, karena ia mendapatkan apa dibutuhkan. Di sisi lain, aku akan kehilangan hal yang tak semestinya hilang. Ini akan berat," ujarnya.

Ia pun mengakui betapa beratnya hal tersebut. Tak hanya berat secara fisik, tapi juga secara mental. Bahkan, baik Raisa maupun Gomez, proses pemulihan pascaoperasi melibatkan perjuangan melawan depresi.

Dalam video itu, Raisa juga menunjukkan bekas luka operasi di bagian perutnya yang ia sebut 'luka C-section'.

"Luka tidak mendefinisikanmu. Ini bagian dari cerita perjalananmu. Bagian cerita yang membuatmu spesial dan berbeda," ujarnya.

Tak hanya pamer luka bekas operasi, Raisa juga menyebut bahwa Gomez bahkan punya luka lain di bagian paha bekas operasi darurat setelah transplantasi.

Selain dalam video singkat tersebut, Raisa memang pernah terbuka kepada Harry Connick Jr dalam acara bincang-bincangnya pada Februari lalu. Saat itu, Raisa mengaku tak dapat bergerak selama dua bulan setelah operasi.

"Aku tak bisa melakukan hal-hal yang bersifat aktif. Yang bisa kulakukan hanya berjalan. Itu amat berat buatku, dan aku punya anjing. Yang paling kuinginkan ialah minum kopi dan berjalan, tapi aku tak bisa melakukan hal itu. Itu amat sangat berat," ujarnya.

Raisa dan Gomez mengejutkan publik pada September 2017 lalu dengan operasi transpantasi ginjal. Hal itu dilakukan untuk pengobatan penyakit autoimun lupus yang diderita Gomez.(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan