Franchise Terbesar Pizza Hut dan Wendy's di AS Bangkrut Karena COVID-19

annehsannehs - Selasa, 07 Juli 2020
Franchise Terbesar Pizza Hut dan Wendy's di AS Bangkrut Karena COVID-19
Tidak akan ada gerai yang ditutup di AS. (Foto pixabay/hoaluu)

NPC International, franchise terbesar dari restoran Pizza Hut dan Wendy's asal Amerika Serikat terpaksa harus gulung tikar karena pandemi COVID-19. Perusahaan ini mengajukan kebangkruannya pada Rabu (1/7) dan mengutip utang yang hampir mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,4 triliun.

Dilansir dari Daily Mail, perusahaan asal Kansas ini memiliki 1,200 restoran Pizza Hut dan hampir 400 outlet Wendy's di Amerika Serikat. Franchise raksasa dari NPC International tersebut mempekerjakan sejumlah 36,000 karyawan dari 27 negara bagian di Amerika Serikat.

Baca juga:

Rugi USD3,2 Miliar, Starbucks Akan Tutup 400 Gerai

Meski begitu, NPC International akan bernegosiasi dengan para pemilik lahan dan berusaha untuk tetap membuka gerai yang ada untuk membantu memangkas utang mereka yang sangat besar.

NPC memiliki sekitar 400 outlet Wendy's di AS. (Foto Slide Share)
NPC memiliki sekitar 400 outlet Wendy's di AS. (Foto Slide Share)

Di Amerika Serikat sendiri terdapat sekitar 7,100 gerai Pizza Hut sehingga NPC International hanya mengoperasikan sebesar 17 persen dari seluruh bisnis Pizza Hut. Untuk Wendy's, terdapat 6,500 gerai yang ada di Amerika Serikat sehingga NPC International hanya mengoperasikan sekitar 6 persen dari restoran tersebut.

Dikutip dari laman CNN Business, kebangkrutan NPC International bukan karena pandemi COVID-19 saja. Meningkatnya bahan makanan dan upah sumber daya manusia juga menjadi alasannya.

Apakah Pizza Hut di Indonesia terancam tutup? (Foto Pixabay/igorovsyannykov)
Apakah Pizza Hut di Indonesia terancam tutup? (Foto Pixabay/igorovsyannykov)

"Selagi NPC melewati proses ini (pengajuan kebangkrutan), kami mendukung hasil yang membuat organisasi meraih jumlah utang yang lebih rendah," ungkap juru bicara Pizza Hut.

Baca juga:

Kocak! 4 Kegagalan Masak Ketika #DirumahAja!

NPC menjadi perusahaan asal Amerika Serikat terakhir sejauh ini yang melaporkan kebangkrutan di tengah pandemi COVID-19. Dalam dua bulan terakhir, terdapat beberapa perusahaan besar Amerika Serikat yang melaporkan kebangkrutan antara lain Chuck E. Cheese, GNC, 24 Hour Fitness, Neiman Marcus, dan J. Crew.

Pizza Hut merupakan rantai perusahaan makanan dan waralaba internasional yang ditemukan pada 1958 di Wichita, Kansas oleh Dan dan Frank Carney sedangkan Wendy's adalah perusahaan makanan cepat saji yang telah ditemukan oleh Dave Thomes sejak 15 November 1969. (shn)

Baca juga:

Budaya Populer Membuat Gen Z Ingin Bunuh Diri?

#Pizza Hut
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan