Fraksi PAN Interupsi Desak Wagub Secepatnya, PKS: Kata Ketua Januari Ada Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - DPRD DKI Jakarta menggelar rapat Paripurna pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) dan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) DKI tahun 2020 di ruang Paripurna Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (11/12).

Namun ada banyak interupsi yang dilancarkan oleh anggota DPRD DKI ketika pimpinan DPRD, Prasetyo Edi Marsudi menyampaikan RAPBD DKI 2020 dan Propemperda.

Baca Juga:

Posisi Wagub DKI Kosong Lantaran Anies Tak Punya Kekuatan Politik

Salah satunya interupsi mengenai kekosongan jabatan Wakil Gubernur (Wagub) DKI yang dilakukan oleh Ketua Fraksi PAN DKI DPRD DKI Jakarta, Lukmanul Hakim.

Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta diinterupsi dengan desakan pemilihan Wagub DKI oleh PAN
Suasana rapat DPRD DKI Jakarta (MP/Asropih)

Lukmanul meminta kepada Partai pengusung Anies-Sandi di Pilkada DKI 2017 lalu yakni PKS dan Gerindra untuk segera menetapkan nama pengganti Sandiaga Uno di jabatan orang nomor dua di pemerintahan Jakarta itu.

Bila ada Wagub, menurut Lukmanul, peranya dapat membantu Gubernur Anies dalam memaksimalkan penyerapan anggaran di tahun 2020, bahkan di tahun-tahun berikutnya.

"Kosongnya Wagub 1 tahun 4 bulan lebih kurang, sebaiknya dari partai saudara kami dari partai PKS dan partai Gerindra, untuk mengusulkan secepatnya (nama Wagub) biar penyerapanya nanti maksimal," pinta dia.

Sementara itu saat dikonfirmasi mengenai permintaan percepatan jabatan Wagub oleh Fraksi PAN, kader PKS Abdurrahman Suhaimi mengatakan bahwa DKI 2 akan terisi pada Januari 2020 mendatang.

"Kemarin Pak Ketua (DPRD Prasetyo) bilang Januari ada katanya. Pak ketua kemarin yang bilang," tegas Suhaimi.

Perlu diketahui, saat ini sudah ada sejumlah nama yang telah diusulkan menjadi pengganti Sandiaga Uno di kursi Wagub DKI. Dua nama Cawagub yang telah disodorkan PSK yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Dua nama tersebut sudah diserahkan ke Gubernur Anies.

Baca Juga:

Pengamat Politik Sebut PKS Dirugikan Dalam Pemilihan Wagub DKI

Kemudian Gerindra juga mengusulkan empat nama kandidat Cawagub DKI yang kini telah diserahkan ke DPP PKS untuk dipilih satu nama menjadi Cawagub DKI.

Adapun empat nama anyar Gerindra yang diajukan ke PKS jadi, yakni Sekda DKI Jakarta Saefullah, Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Yuliantoro, dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.(Asp)

Baca Juga:

Melunak, PKS Pertimbangkan Empat Figur Cawagub DKI dari Partai Gerindra

Kredit : asropihs


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH