Portable SSD Mumpuni, Gadget Penyimpan Andalan Fotografer Fotografer sejati harus memiliki SSD (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

FOTO kini jadi hal yang penting. Tak akan sah suatu peristiwa tanpa ada bukti foto. Istilah kekiniannya, enggak ada foto, sama saja hoax. Era visual masa kini itulah yang membuat kerja fotografer jadi amat penting.

Kamera sebagai alat pelengkap selalu sedia merekam peristiwa dan momen di sekitar. Sudah pasti butuh sarana penyimpan untuk semua hasil foto tersebut. Memori internal kamera kan punya keterbatasan kapasitas.

Baca juga:

Kamera dengan Sensor Gambar Terbaik di Dunia, Seharga Moge 650 CC

Memori juga dapat disimpan di laptop (Foto: Unsplash/Burst)

Oleh karena itu, fotografer butuh gadget andalan sebagai tempat penyimpanan eksternal. Pilihan biasanya jatuh pada di USB flashdisk atau harddisk. Pilihan lain ialah juga di laptop maupun di Google Drive yang kapasitas memorinya cukup besar.

Selain perangkat-perangkat memori itu, kini ada solusi lain untuk menyimpan data, yaitu di portable Solid State Drive (SSD). Sebenarnya SSD mirip-mirip dengan USB flashdisk maupun harddisk. Namun, ukuran SSD lebih besar dari USB Flashdisk dan lebih kecil dari harddisk. Singkatnya, SSD merupakan USB Flashdisk dalam ukuran yang diperbesar.

Baca juga:

Pengalaman Membuat Kamu Jadi Pintar Fotografi

SSD juga tahan banting. Sehingga cocok untuk seorang fotografer yang selalu melalui medan tak menentu. Meski begitu, bukan berarti SDD tidak mudah rusak. Semua kembali lagi ke cara pemakaian si pengguna.

SSD juga memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. Dengan begitu, data apapun yang disimpan dijamin aman. Karena SSD tidak memiliki sistem mekanik di dalamnya. Sehingga bila tersenggol atau jatuh saat digunakan, SSD tetap konsisten dalam menyimpan data.

SanDisk Extreme Pro Portable SSD sangat mumpuni untuk fotografer (Foto: Istimewa)

Menurut rilis pers yang diterima Merahputih.com, salah satu SSD yang mumpuni untuk seorang fotografer ialah SanDisk Extreme PRO Portable SSD yang memiliki kinerja tinggi karena memanfaatkan teknologi NVMe™. Perangkat ini didesain untuk para fotografer yang perlu memindahkan file besar dengan cepat. Serta melakukan pengeditan real-time saat bepergian.

Selain itu, perangkat ini memungkinkan fotografer dan videografer untuk memindahkan video dan foto tingkat profesional dengan cepat. Bahkan mengeditnya langsung dari drive. (ikh)

Baca juga:

Tips dari Gading Marten untuk Jadi Fotografer yang Baik

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH