Foto Detik-Detik Penangkapan Jung Joon-young Dinobatkan sebagai Fotojurnalistik Terbaik Jung Joon-young terlibat skandal Burning Sun.(Sumber: Asahi)

KASUS prostitusi dan pemerkosaan oleh Jung Joon-young dan kawan-kawan menggemparkan Korea Selatan dan dunia. Kasus tersebut berhasil dikuak oleh para jurnalis. Tak hanya kisahnya yang membuat heboh, fotojurnalistik yang dibidik fotografer juga menggemparkan. Baru-baru ini, foto detik-detik penangkapan Joon-young milik fotografer Media Today, Kim Chang-hyun dinobatkan sebagai fotojurnalistik terbaik oleh Asosiasi Fotografer Pers Korea.

Foto yang diambil pada Selasa (12/3) di Bandara Internasional Incheon tersebut memperlihatkan Joon-young yang dikepung oleh kerumuman reporter. Ia sedang berada di Amerika Serikat untuk syuting variety show dan harus segera kembali ke Korea Selatan untuk memenuhi panggilan polisi setelah skandal grup percakapan seksnya meledak. Sesaat setelah Jung Joon Young menapakkan kakinya di bandara, ratusan reporter langsung menghadang untuk mengabadikan momen-momen kedatangannya. Tak disangka momen yang diambil oleh Chang-hyun sangat tepat.

Perwakilan Asosiasi Fotografer Pers Korea, Lee Hyo Kyun menjelaskan mengapa foto tersebut terpilih sebgai Top Excellence. Menurutnya, sebuah foto dapat menang bahkan jika suasana yang ditangkap tidak megah atau serius. "Foto tersebut menjadi kontroversi di tengah masyarakat sehingga memiliki nilai yang lebih tinggi. Topinya yang terbang ketika ia didorong oleh para wartawan dan pihak keamanan menambah dramatis foto. Kami memberi banyak poin karena foto tersebut secara realistis menggambarkan situasi," urainya.

Jung Joon Young
Fotojurnalistik terbaik (Sumber: Allkpop)

Kim Chang Hyun pun menceritakan proses pengambilan gambar tersebut sehingga menjadi salah satu karya fenomenal dalam sejarah fotojurnalistik Korea Selatan. "Ada begitu banyak orang dan saya didorong. Saya terus mengklik rana dan tanpa sengaja topinya terbang," jelasnya. Uniknya lagi, Kim Chang Hyun ternyata terjatuh setelah mengambil foto berharga tersebut.

Dirinya menambahkan, Jung Joon Young melakukan kejahatan secara diam-diam dan tak ingin dilihat oleh wartawan di bandara sehingga harus bersembunyi di balik topi. "Dia masih memikirkan citranya. Foto dengan ekpresi buruk seperti itu cocok untuk perangainya yang buruk," ujarnya.

"Bagaimana rasanya difilmkan ketika kamu tidak ingin difilmkan?" komentar warganet di bawah foto tersebut. Seperti yang sudah diketahui, Jung Joon Young nekad memfilmkan adegan syur ia dengan perempuan-perempuan yang dibawah paksaannya. Ia tetap melakukannya dan menyebarkannya meski para korban memohon padanya untuk tidak melakukan itu.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH