Fortnite Android Installer Berubah Jadi Portal untuk Game Mobile Epic Portal game milik Epic (Foto: WallpaperCave)

AGAR dapat memainkan Fortnite Mobile di android, gamer harus mengunduh aplikasi installer dari situs Epic. Hal ini unik karena biasanya pengguna android dapat mengunduh game dengan mudah melalui Google Play Store. Tapi Epic memutuskan untuk merilis sendiri gamenya.

Dilansir dari laman The Verge, Epic punya dua alasan mengapa ia merilis gamenya sendiri. Pertama mereka ingin terhubung langsung dengan konsumennya. Sama seperti keputusan Epic untuk merilis Fortnite di PC menggunakan Epic Games Launcher, dibandingkan menggunakan Valve yang selama ini jadi portal video game terbesar dan terlama bagi PC.

Baca juga:

Kreator Asli 'Sonic' Kurang Puas dengan Desain Terbaru

Epic sebenarnya juga ingin melakukan hal serupa untuk pengguna iOS, sayangnya sistem keamanan yang dimiliki iOS mencegah Epic melakukan hal tersebut (pengguna iOS tidak dapat menginstall aplikasi yang dianggap tidak terpercaya).

Fortnite merupakan game kebanggan milik Epic (Foto: WallpaperCave)
Fortnite merupakan game kebanggan milik Epic (Foto: WallpaperCave)

Alasan kedua adalah masalah finansial. Epic tak ingin memberikan Google 30 persen dari total penghasilan Fortnite di Android. "Pajak 30 persen adalah biaya yang sangat tinggi dimana 70 persen yang didapat pengembang game sudah termasuk biaya pengembangan, pengoperasian dan dukungan untuk game mereka," ucap Tim Sweeney selaku CEO Epic.

Sejak keputusan tersebut, Epic pun semakin berkembang dengan munculnya Epic Games Store, portal video game miliki Epic sendiri untuk PC. Melalui Epic Games Store tersebut, Epic mulai menjual video game dari pengembang lain, sama seperti cara kerja Valve.

Baca juga:

Software Terbaru Twitch untuk Para Streamer Pemula

Kini Epic kembali mengembangkan sayapnya dengan mengubah Fortnite Android Installer jadi aplikasi Epic Games, yang berfungsi sebagai portal video game di Android sama seperti Google Play Store. Perubahan tersebut terjadi beberapa pekan setelah peluncuran babak kedua Fortnite.

Pada pagi hari 14 November ini, Fortnite baru saja merilis game kedua untuk aplikasi tersebut. Game baru tersebut bernama Battle Breakers dan bergenre hero-collecting RPG. Jadi gamer akan ditugaskan mengumpulkan pahlawan-pahlawan kuat untuk melawan monster yang menghalangi perjalanan gamer.

Battle Breaker ini bersifat cross-platform, yang artinya pemain di PC dapat bertemu dengan pemain di ponsel pintar. Epic memastikan bahwa fitur cross-play Battle Breaker akan terlihat mulus, sama seperti Fortnite.

Diharapkan dengan adanya portal Epic Games di Android kini dapat membawa variasi kepada industri video game Android. Epic Games Android pun nampaknya akan menjadi pesaing kuat Google Play Store, melihat banyaknya pemain Fortnite Mobile di Android. (sep)

Baca juga:

Sosok Ayah Hebat dalam Video Game


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH