Formula E 2024 Batal, Ketua DPRD DKI: Lebih Penting Pemilu

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 31 Oktober 2023
Formula E 2024 Batal, Ketua DPRD DKI: Lebih Penting Pemilu
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Perhelatan Formula E Jakarta untuk 2024 dibatalkan, dengan alasan karena bertepatan dengan berlangsungnya Pemilihan Umum (Pemilu).

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, dirinya tak mempermasalahkan gelaran Jakarta E-Prix tak digelar. Sebab tahun depan Indonesia khususnya Jakarta akan menghadapi pesta demokrasi serentak. Baik itu Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 14 Februari, serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 17 November.

Baca Juga:

DPRD DKI Minta Formula E 2024 di Jakarta Tetap Diselenggarakan

"Mungkin ada situasi politik pemilu ya harus dihargai juga itu, lebih penting itu daripada Formula E kalau menurut saya," ucap Prasetyo Edi di kantornya gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (31/10).

Plt Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta ini bilang, mungkin saja perhelatan Formula E 2024 diundur bukan tak dilaksanakan. Pihak-pihak terkait lagi mencari waktu yang tepat untuk digelar agar tak mengganggu Pemilu.

"Ya mungkin aja setelah itu diundur satu bulan, itu kan bulan Juni, bisa aja (mundur) kan pemilu Februari," urainya.

Pada prinsipnya, ucap prasetyo, dirinya tidak melarang Formula E di Ibu Kota, hanya saja dalam perhelatan tersebut tak memakai uang APBD DKI yang bersumber dari keringat rakyat.

"Bukan bicara mendukung atau tidak mendukung, itu program jangan sampai siapa yang berbuat siapa yang kena, itu kan perbuatannya dsri awal dipertengahn ada pergantian Pj Gubernur, nah tinggal tanya kepada pak gubernur, yang penting tidak memakai APBD titik," tutupnya.

Baca Juga:

JakPro Apresiasi FIA Batalkan Formula E Tahun Depan dengan Alasan Pemilu

Sebelumnya, dikutip dari situs resmi Formula E, Jumat (20/10) lalu, Jakarta dicoret dari kalender balapan musim kesepuluh. Awalnya balapan Formula E 2024 dijadwalkan berlangsung pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

Hal itu disebabkan karena bersamaan dengan dilakukannyan kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Acara yang direncanakan di Jakarta hari Sabtu, 8 Juni, tidak akan dilanjutkan setelah pengumuman masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia selama sebagian besar bulan Juni," tulis pihak Formula E.

"Hal ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalan-jalan ibu kota pada saat yang sama. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota pada tanggal alternatif," lanjutnya. (Asp)

Baca Juga:

Formula E 2024 di Jakarta Batal, Pj Heru: Karena Situasi Politik

#Prasetyo Edi Marsudi #DPRD #DPRD DKI Jakarta #Formula E #Pemilu 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan