Esport

Format Baru untuk Turnamen Free Fire 2022

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 17 Februari 2022
Format Baru untuk Turnamen Free Fire 2022
Perubahan format dilakukan atas berbagai pertimbangan. (Foto: Youtube/Garena Free Fire Indonesia)

GARENA kembali menggelar rangkaian turnamen Free Fire Master League (FFML) Season V dan Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2022 dengan menghadirkan format dan jalur baru. Perubahan format ini dilakukan sebagai upaya menyediakan platform yang berbasis konsistensi untuk para pemain, mulai dari pendatang baru hingga profesional.

"Cara baru ini juga berdasarkan dari masukan-masukan dari tim, para komunitas, dan perkembangan dari para pelatih," kata Fresa Ansari selaku Free Fire Esports Manager, mengutip laman ANTARA, Senin (14/2).

Baca juga:

Tim Indonesia Juara Runner Up di Free Fire Asia Championship

Format pertandingan baru mengubah struktur kompetitif Free Fire Esports Indonesia dalam menentukan perwakilan tim menuju turnamen internasionalnya pada Mei mendatang, yakni Free Fire World Series (FFWS) 2022 Sentosa yang terdiri dari babak Finals dan Play-ins.

Jika sebelumnya tim bermain dalam grup kecil untuk bertanding, Fresa menjelaskan, kini tim akan bermain langsung melawan seluruh tim dalam satu laga.

"Kita mencoba untuk tahun ini mengganti sistem poin konversi poin liga, menjadi sistem akumulasi poin pertandingan, sehingga mereka langsung akan dijumlahkan poin pertandingannya hari demi hari. Nanti satu tim dengan jumlah poin tertinggi akan menjadi satu-satunya pemenang," kata Fresa.

FFML Season V kembali dibagi menjadi Divisi 1 (tim profesional) dan Divisi 2 (tim semi-profesional). Turnamen FFML Season V Divisi 1 yang mempertandingkan tim esports profesional, kini akan ditempatkan sebagai kompetisi liga profesional tertinggi di Indonesia. Juaranya akan menerima Golden Ticket ke turnamen FFWS 2022 Sentosa.

Baca juga:

Free Fire World Series 2021 Dibatalkan

"Ini adalah salah satu pergerakan juga ya, salah satu inisiatif juga yang kita ambil untuk mendukung semangat nasional. Kita ingin seluruh atlet yang bertanding tentunya punya kesempatan untuk mengharumkan nama Indonesia dari berbagai lapisan, yakni salah satunya dari FFML Divisi 1," lanjutnya.

Fresa mengatakan, FFIM tetap membuka jalur secara inklusif, terbuka bagi seluruh pemain untuk bertanding dan mendapatkan tiket silver, yakni tiket menuju Play-ins pada FFWS 2022.

"Sehingga dari situ tidak menutup kesempatan komunitas dan kesempatan pemain-pemain pendatang baru. Tentunya mereka semua memiliki kesempatan yang sama untuk lebih mengasah kemampuan mereka," kata Fresa.

Format baru FFML Season V Divisi 1, sebelumnya sudah diterapkan di FFML Season V Divisi 2 yang baru saja berakhir. Juara FFML Season V Divisi 2, G Arsy Aphrodite, menjadi bukti format baru dapat membawa permainan para pemain ke level yang lebih tinggi. (and)

Baca juga:

Free Fire Jadi Esports Mobile Game of The Year

#Game #Esports
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan