Ford Perkenalkan Teknologi Exit Warning untuk Lindungi Pejalan Kaki

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 13 Juli 2023
Ford Perkenalkan Teknologi Exit Warning untuk Lindungi Pejalan Kaki
Ford perkenalkan teknologi exit warning untuk selamatkan pejalan kaki dan pesepeda. (Ford)

FORD telah mengembangkan sebuah sistem untuk Mustang yang berfokus tidak hanya pada pengendara, tapi juga pada pengguna jalan di sekitar mobil. Sistem itu memang tidak akan menghentikan pengemudi Mustang agar tidak menabrak kerumunan orang.

Teknologi fitur yang diberi nama 'Exit Warning' itu adalah fitur cerdas yang dirancang untuk membantu mencegah tabrakan antara pintu mobil dan pejalan kaki, terutama di daerah perkotaan yang padat, seperti diungkapkan Motor1.

Fitur Exit Warning memberi peringatan kepada pengemudi tentang keberadaan orang yang mendekati mobil. Ketika mobil diparkir, radar yang ada di Mustang akan mendeteksi objek yang mendekat dari belakang dengan kecepatan lebih dari 4 mpj (6 km/jam).

Baca Juga:

Ford Mustang Edisi Dark Horse, untuk Performa Sirkuit

Pemberitahuan akan muncul di layar kluster instrumen mobil. (Ford)

Jika ada benda yang masuk ke zona berbahaya, pengemudi akan menerima peringatan di kluster instrumen dan kaca spion, serta bunyi lonceng yang dapat terdengar.

Secara teori, pengemudi seharusnya tidak membuka pintu saat ada peringatan tersebut, tetapi keputusan tetap ada pada individu. Namun, setidaknya pabrikan sebagai produsen mobil telah mengembangkan fitur yang membantu pengemudi untuk berkendara secara lebih hati-hati.

Sistem ini dirancang terutama untuk mengurangi risiko tabrakan pintu yang tidak disengaja dengan pengendara sepeda, pengendara skuter, dan pelari, mengingat kecepatan rata-rata mereka sekitar 3 mpj (4,8 km/jam).

Fitur ini aktif saat mobil diparkir, dan akan tetap aktif selama tiga menit setelah mesin dimatikan. Exit Warning hanya tersedia pada Mustang yang dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi, karena menggunakan radar belakang.

Baca Juga:

Ford Mustang yang Tak Lekang Dimakan Zaman

Meski fitur itu mungkin tidak begitu relevan bagi pengemudi di pedesaan, bagi mereka yang sering berada di kota, baik sebagai pengemudi maupun pengendara sepeda, mereka menyadari adanya bahaya di jalan-jalan yang dipenuhi dengan mobil yang diparkir paralel.

Model Mustang tahun 2024 akan segera tersedia untuk dibeli saat artikel ini ditulis. Mobil itu hadir dengan desain yang segar namun tetap mengusung gaya yang dikenal, dengan pilihan mesin 2.300 cc turbocharged empat silinder atau mesin 5.000 cc V8.

Setidaknya untuk saat ini, Mustang tetap menjadi mobil dengan mesin pembakaran internal konvensional, dan setelah tahun ini, Mustang akan menjadi satu-satunya pilihan bagi para penggemar mobil muscle dari Detroit.

Chevrolet Camaro akan menghentikan produksinya pada Januari 2024 tanpa adanya penerus, dan Dodge Challenger juga akan keluar dari pasar pada akhir tahun ini. (waf)

Baca Juga:

Mengenal Ford Mustang Mach 1 Gen 1 Tunggangan John Wick

#Teknologi #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan