Foodies, Kuliner Khas Jakarta ini Wajib Kamu Coba Dodol Betawi punya rasa khas. (foto: Instagram @dodolbetawi_gurihrasa)

SEBAGAI kota besar, Kota Jakarta dipenuhi berbagai jenis makanan. Makanan dari berbagai daerah di Indonesia pun bisa ditemui dengan mudah di Ibu Kota. Saking banyaknya jenis kuliner di Jakarta, makanan khas berupa makanan tradisonal khas Betawi sering kali dilupakan.

Nah, biar enggak ketinggalan citarasa asli Ibu Kota, ini nih kuliner khas Betawi yang wajib kamu cicipi di Jakarta.


1. Kerak telur

kerak telor
Kerak telur enggak dijual di semua kota lo. (foto: Instagram @vita.zanira)

Nama makanan tradisonal yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu. Ternyata penjual kerak telor tidak membuka lapak di semua kota. Kerak telur berupa gulungan telur yang dimasak di atas tungku dengan cetakan wajan berisi ketan serta ubi.


2. Kue putu mayang

kue putu  mayang
Kue putu mayang bercitarasa manis. (foto: Instagram @mrs.viriya)

Kamu suka makanan manis? Kue ini pilihannya. Kue putu mayang bisa menjadi hindangan untuk pengganjal perut kamu di kala kamu lapar lho. Kue putu mayang ini juga mempunyai citarasa yang manis dengan tekstur yang lembut dan kenyal.

3. Kue ape

kue ape
Kue ape, serabinya orang Jakarta. (foto: Instagram @bocahlemak)


Kalau Bandung dan Solo punya serabi, Jakarta juga punya lo. Kue ape namanya. Kue ini berbentuk bulat tipis dengan bentuk menggembung di bagian tengahnya. Kue ape didominasi warna hijau yang merupakan hasil dari kombinasi tepung beras dan daun suji.


4. Dodol Betawi

dodol betawi
Dodol Betawi yang khas. (foto: Instagram @dodolbetawi)

Kamu sedang mencari oleh-oleh kuliner Jakarta yang tepat untuk dibawa pulang? Jawabanya ialah dodol Betawi. Ya, dodol yang satu ini merupakan makanan yang berwarna hitam cokelat dengan variasi yang berbeda dari dodol lainnya yang ada di Indonesia. Dodol Betawi mempunyai rasa ketan putih, ketan hitam, dan durian. Soal rasa dodol betawi tidak perlu diragukan lagi. Rasanya manis dan legit.(gsh)


indonesiaku-singlepost-banner-3

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


indonesiaku-singlepost-banner-4