Kesehatan

'Food Craving'? Apa Itu? Kamu Pasti Pernah Merasakannya

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 24 Juli 2019
'Food Craving'? Apa Itu? Kamu Pasti Pernah Merasakannya
Food craving banyak dialami oleh orang-orang. (Foto: Pixabay/RitaE)

PERNAHKAH kamu tiba-tiba ingin makan sesuatu dan rasanya harus banget makan itu? Kalau pernah berarti kamu mengalami food craving. Peristiwa ini sering dialami banyak orang dan seringkali dianggap sebagai ngidam. Tidak hanya berlaku untuk perempuan, pria juga bisa lho mengalami food craving.

Meskipun normal-normal saja jika hal ini terjadi pada dirimu tetapi ternyata food craving mengindikasikan sesuatu. Kamu tentu harus lebih waspada terhadap kondisi tubuhmu karena bisa jadi food craving merupakan pertanda buruk dan tubuhmu mengirim sinyal melalui hal tersebut. Yuk kenali indikasi terjadinya food craving agar kamu lebih mengenal kondisi tubuhmu sendiri.


Baca Juga: Bulat-Bulat Bakso Nikmat Khas Indonesia

1. Dehidrasi

air
Indikator dehidrasi. (Foto: Pexels/Pixabay)


Makan selalu tepat waktu tetapi pada jam-jam tertentu kamu merasakan lapar yang luar biasa. Ternyata food craving bisa menjadi indikasi tubuhmu mengalami dehidrasi. Melansir dari Medicalnewstoday.com, ketika kamu kurang minum, tubuhmu akan kekurangan cairan yang kemudian akan menyebabkan “lapar palsu”.

2. Stres

stres
Stres dapat menyebabkan food craving. (Foto: Pixabay/1388843)


Ketika mengalami hal buruk hingga merasa stres, kamu biasanya akan mengkonsumsi banyak makanan kesukaanmu secara tiba-tiba. Makanan kesukaanmu ini biasa dikenal sebagai comfort food ketika kamu sedang stres. Tetap saja peristiwa ini disebut juga sebagai food craving.


Baca Juga: Jadi Makanan Terlezat ke-14, Inilah 5 Jenis Unik Sate di Indonesia

3. Cheat Day

makan
Selalu kontrol nafsu makan kamu. (Foto: Pexels/Min An)


Kamu sedang menjalani program diet ketat? Biasanya dalam menanti cheat day yang sudah terjadwal secara konsisten, setiap hari kamu akan memikirkan berbagai jenis makanan yang akan kamu konsumsi ketika cheat day itu akhirnya tiba. Pada akhirnya kamu akan makan dengan sangat lahap dan cenderung tidak terkontrol saat cheat day tersebut. hal ini kemudian menjadi indikasi terjadinya food craving.

4. Sugesti Mood

mood
Ada kegiatan yang terkoneksi pada makanan tertentu. (Foto: Pixabay/Annca)


Hampir semua orang mengalami food craving melalui sugesti mood. Contohnya ketika kamu pergi ke bioskop, di alam bawah sadarmu kamu sudah berencana membeli popcorn. Atau ketika pergi berpiknik bersama keluarga, kamu tanpa disuruh akan menyiapkan rantang makanan sebagai bekal. Sugesti mood bisa jadi merupakan indikasi food craving. Makanan yang dikonsumsi ketika kamu menuruti moodmu dalam sebuah kegiatan seperti nonton bioskop atau pergi wisata biasanya itu-itu saja berbeda halnya dengan wisata kuliner yang tidak bisa disebut sebagai food craving. (mar)

Baca Juga: Sehat dan Ramah Diet, Makanan ini Bisa Menenangkan

#Kelaparan #Menu Makanan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan