Fokus Perubahan Ekonomi, Sandiaga Uno Nasionalkan OK OCE

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 04 Januari 2019
Fokus Perubahan Ekonomi, Sandiaga Uno Nasionalkan OK OCE
Cawapres Sandiaga Uno di Karawang. Foto: Tim Media Prabowo-Sandiaga

MerahPutih.com - Komitmen Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno terkait perubahan ekonomi, khususnya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kian nyata. Jelang seribu titik sosialisasi, Sandi mengaku bakal menasionalisasikan gerakan OK OCE.

Hal itu disampaikannya ketika berkunjung ke perkampungan nelayan sekaligus bertemu dengan anggota OK OCE Prasasti di SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak, Jalan International Karawang Barat, Wadas, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat pada Kamis (3/1).

Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno di SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak, Jalan International Karawang Barat, Wadas, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat pada Kamis (3/1). Foto: Tim Media Prabowo-Sandiaga

Dalam kesempatan itu, Sandi meninjau langsung pelatihan UMKM kepada anggota OK OCE di Karawang sekaligus meninjau langsung sejumlah usaha yang dirintis para ibu yang tergabung dalam OK OCE Prasasti.

"Ini adalah lokasi ke 980 yang saya kunjungi. Saya selalu sempatkan datang ke pelatihan ok oce karena ini lepas dari politik," kata Sandi.

Alasan Sandi terus berusaha mendorong OK OCE karena wirausaha menyediakan solusi atas masalah ekonomi masyarakat, termasuk membuka lapangan kerja. Sebab, pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kini belum maksimal.

"Insya Allah 2019 kita perhatikan. Karena 97 persen lapangan kerja dari UMKM," ungkap Sandi.

Sandi menyatakan, melalui OK OCE, dirinya bersama Prabowo Subianto berupaya membuka peluang kerja seluas-luasnya. Terlebih kalangan muda menganggur yang kini jumlahnya sebanyak tujuh juta orang.

"Banyak pengangguran di usia muda. Pemerintah harus kerjasama dengan OK OCE memberantas pengangguran ini," tuturnya.

Sandiaga mengklaim, OK OCE telah menurunkan 20 persen pengangguran di Ibu Kota. Berkaca dari suksesnya pelaksanaan OK OCE di DKI Jakarta, Sandi mengaku akan membawa program pelatihan kewirausahaan itu sebagai program nasional.

"Sudah ada 60.000 pengusaha yang bergabung dengan OK OCE. Saat ini OK OCE ada di 10 provinsi se-Nusantara. Target kami membuka sejuta pengusaha baru," ungkap Sandi.

Seperti yang dialami Suryana dari Telukjambe. Perantau asal Jakarta itu bergabung dengan OK OCE karena ingin memulai usaha di bidang kuliner. Ia bercita-cita membuat kafe Betawi di Karawang.

"Saya masih takut memulai," kata dia.

Sandi menjelaskan, melalui OK OCE, Suryana bisa membuat jaringan pertemanan dan membuat networking.

"Ibu bisa bermitra di sini Insya Allah kafe Betawi bakal hadir, rasa takut berkurang karena kita bimbing terus sambil pelatihan terus," kata Sandi.

Cawapres Sandiaga Uno di Solo. Foto: MP/Win

Hal yang sama terjadi pada Khaerul. Warga asli Karawang itu sedang merintis usaha percetakan. Ia ingin usahanya maju. Tapi ia tak punya mesin cetak.

Sandi menyarankan pada Khaerul untuk memanfaatkan momentum di tahun politik. sebab, biasanya bisnis percetakan selalu banyak pesanan dari politisi.

"Saat ini waktu yang sangat spesial untuk usaha percetakan. Semua partai sedang pesan kalender brosur dan semacamnta. Kedepan jangan fokus di politik, fokuslah di industri kesehatan atau pendidikan. Selain itu kita di OK OCE akan ajarkan internet marketing, bantu permodalan, siapa tahu beli mesin sendiri," tutup Sandi. (Pon)

#Sandiaga Uno #OK OCE
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan