Kesehatan
Fokus Pada Makan Makanan Sehat Lebih Penting Daripada Masalah Berat Badan Pola makan sehat menekan kematian. (Foto: Unsplash/i yunmai)

MENURUNKAN berat badan untuk tujuan menjadi lebih sehat secara keseluruhan, terbukti sangat sulit bagi banyak orang. Faktor-faktor di luar kendali kita, mulai dari genetika dan ketergantungan pada obat-obatan tertentu, sampai terbatasnya waktu dan uang, bisa membuatnya tambah ribet.

Namun bisa saja kita terlalu fokus pada hal yang ternyata tidak tepat. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika kamu mengonsumsi jenis makanan yang lebih sehat, beberapa risiko kesehatan yang terkait dengan peningkatan berat badan masih dapat dikurangi.

Baca juga:

Berlebihan Mengonsumsi Makanan Olahan Berakibat Tubuh Cepat Menua

1
Diet menjadi solusi mencapai kesehatan. (Foto: Unsplash/Brooke Lark)

Analisis data dari 79.003 orang dewasa Swedia menemukan bahwa orang yang sebagian besar berpegang pada diet seperti Mediterania yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, ikan, dan minyak zaitun, memiliki tingkat kematian yang lebih rendah terlepas problem berat badan mereka.

Sebuah tim peneliti Swedia dan AS menggunakan data yang dikumpulkan selama 21 tahun yang melibatkan jawaban atas 350 pertanyaan. Dengan setidaknya 96 pertanyaan tentang makanan yang dilakukan secara sukarela oleh peserta pria dan wanita di dua program.

Melansir laman Interesting Engineering, mereka yang menyimpang dari pola makan Mediterania, bahkan ketika berat badan mereka diklasifikasikan sebagai 'normal', memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi.

"Hasil ini menunjukkan bahwa kepatuhan terhadap diet sehat seperti diet ala Mediterania mungkin menjadi fokus yang lebih tepat daripada menghindari obesitas untuk pencegahan kematian secara keseluruhan," tulis para peneliti.

Namun, masih ada satu faktor kematian yang lebih buruk bagi orang yang hidup dengan obesitas, yaitu penyakit kardiovaskular. Kemungkinan karena faktor genetik bersama antara berat badan yang lebih tinggi dan penyakit jantung. Atau mungkin mengikuti diet sehat yang lebih ketat diperlukan untuk mengimbangi faktor risiko obesitas, saran para peneliti.

"Observasi penelitian kami tentang hubungan diet dan indeks massa tubuh dengan kematian tidak dapat membuktikan bahwa penurunan berat badan atau perubahan pola makan dapat mengurangi risiko kematian," tim memperingatkan. Mereka juga menjelaskan uji klinis diperlukan untuk kepastian lebih lanjut. Namun sulit untuk membuat peserta mematuhinya dalam jangka panjang.

Dengan semakin banyaknya orang yang hidup dengan obesitas, kebutuhan untuk memahami masalah kompleks ini menjadi lebih mendesak. Indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi dikaitkan dengan empat juta kematian global pada tahun 2015, lebih dari dua pertiganya dikaitkan dengan penyakit jantung.

Baca juga:

Orang yang Makan di Larut Malam Cenderung Mengonsumsi Kalori dan Junk food Lebih Banyak

2
Fokus pada makanan yang dikonsumsi membantu menurunkan berat badan. (Foto: Unsplash/Bill Oxford)

Sementara itu, sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa berfokus pada jenis makanan daripada porsi dapat membantu menurunkan berat badan.

"Memilih makanan yang sehat dan rendah kalori lebih efektif dan lebih berkelanjutan daripada hanya mencoba menolak porsi besar dari pilihan kalori yang lebih tinggi," kata ilmuwan nutrisi Faris Zuraikat dari Penn State University pada saat itu.

Para peneliti tersebut memperingatkan bahwa kelebihan berat badan masih membawa risiko kesehatan. Namun fokus pada pilihan makanan sehat, bisa jauh lebih bermanfaat daripada mempermalukan diri kita sendiri atas apa yang kita makan, atau seberapa berat kita. (lgi)

Baca juga:

Makanan Menjadi Sumber Kontaminasi Virus Corona, Benarkah?

Penulis : Leonard Leonard
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lego Rilis Set Grand Piano Baru
Fun
Lego Rilis Set Grand Piano Baru

Memiliki 25 tombol dan aplikasi yang dapat dimainkan untuk membantu menyusun musik asli.

Brand Lokal Kasih Diskon Belanja Bagi yang Sudah Divaksin
Fun
Brand Lokal Kasih Diskon Belanja Bagi yang Sudah Divaksin

Sederet brand lokal mendukung program vaksinasi dan memberikan apresiasi bagi masyarakat yang sudah divaksin

Setelah Dapat Angpau, Yuk Manfaatkan dengan Baik
Fun
Setelah Dapat Angpau, Yuk Manfaatkan dengan Baik

Utamakan prioritas di masa depan.

Taylor Swift Rilis Alternatif Lagu ‘The Lakes’
ShowBiz
Taylor Swift Rilis Alternatif Lagu ‘The Lakes’

Dalam rangka satu tahun album Folklore.

Ingin Tampil Beda? Intip 3 Inspirasi Gaya Rambut Cornrow ala Selebriti Hollywood
Fashion
Ingin Tampil Beda? Intip 3 Inspirasi Gaya Rambut Cornrow ala Selebriti Hollywood

Harus coba gaya rambut cornrow yang seperti barisan tanaman jagung.

Mendongkrak Mobil itu Mudah
Fun
Mendongkrak Mobil itu Mudah

usahakan mobil diparkirkan di tempat yang keras dan datar.

Dilelang, Kostum Ikonik Destiny’s Child
ShowBiz
Dilelang, Kostum Ikonik Destiny’s Child

Akan melelang lebih dari 100 kostum yang dimiliki dan dipakai para anggota Destiny's Child.

Orang Ingin Bunuh Diri Karena Hal Ini
Fun
Orang Ingin Bunuh Diri Karena Hal Ini

Waspada dengan keinginan untuk bunuh diri.

Peliharaan Berbentuk Bola Ini Viral di Internet
Fun
Peliharaan Berbentuk Bola Ini Viral di Internet

Peliharaan berbentuk bola ini amat unik.

40 Persen Tanaman dan Fungi Dunia Terancam Punah
Fun
40 Persen Tanaman dan Fungi Dunia Terancam Punah

Padahal tanaman dan Fungi sangat berperan penting dalam kehidupan.