Fobia Terhadap Hewan yang Sangat Menakutkan Pengidapnya Fobia hewan yang membuat pengidapnya takut dan ngeri. (Foto: Pixabay/Fran__ )

HEWAN menjadi teman manusia sejak lama. Namun ada saja yang merasa ngeri terhadap hewan tertentu, meskipun hewan itu sebenarnya lucu.

Rasa ‘anti’ terhadap jenis hewan ini disebut fobia hewan. Fobia merupakan rasa takut level dewa terhadap sesuatu. Berikut beberapa fobia hewan yang paling banyak menyerang.

Baca Juga:

Jangan Sebut Hewan Peliharaan pada Anjing dan Kucing, Mereka Tersinggung!


Alektorophobia

ayam
Penderita yang akut, hanya melihat makanan berbasis ayam membuatnya takut. (Foto: Pexels/Pixabay)


Merupakan jenis Fobia yang anti dengan ayam. Biasanya orang takut dengan ayam karena pengalaman masa kecilnya. Hal ini dirasakan karena merasa panik ataupun takut diserang oleh ayam. Bahkan orang dengan alektorophobia akut merasa takut saat melihat makanan berbasis daging ayam.


Ailurophobia

kucing
Pernah diserang oleh kucing pada masa anak-anak. (Foto: Pixabay/susannp4))


Fobia ini adalah ketika orang panik dan takut saat melihat kucing. Penderita jenis Fobia ini biaasanya pernah mengalami serangan kucing, entah digigit atau dicakar. Bahkan hanya karena pernah melihat seseorang diserang kucing. Fobia ini memiliki istilah lain, elurofobia, gatofobia, dan felinefobia. Salah satu tanda sederhana seseorang takut kucing adalah ia akan langsung menghindar saat melihat kucing.

Cynophobia

anjing
Dapat diobati lewat interaksi dengan anjing terlatih. (Foto: Unsplash/Rebekah Howell)


Adalah ketakutan seseorang terhadap hewan yang dikenal sebagai sahabat baik manusia, anjing. Tidak jauh berbeda dengan penderita Ailurophobia, seorang Cynophobia secara umum disebab oleh trauma masa kanak-kanak. Menurut mentalfloss.com, fobia ini dapat diobati dengan cara menghabiskan waktu dengan anjing yang terlatih disertai seorang pengawasan.

Baca Juga:

Memelihara Hewan Eksotis, Butuh Perhatian Ekstra

Musophobia

tikus
Adanya pengalaman traumatis dengan tikus. (Foto: Pexels/Pixabay)


Secara umum mirip dengan fobia lainnya, seseorang pernah mengalami kejadian traumatis dengan tikus. Pengalaman seperti sering berada disebuah tempat yang banyak ditemukan tikus adalah salah satu contohnya. Hanya melihat tikus di TV pengidap fobia ini akan merasa tidak nyaman. Parahnya, fobia dengan level akut akan panik sampai mual.


Myrmecophobia

semut
Ternyata semut adapula yang fobia. (Foto: Pexels/prasanthdas ds)


Pengidap fobia ini merasa takut dengan gerombolan semut. Ia merasa tidak nyaman dan berusaha menghindar, ketika melihat semut-semut di sekitarnya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang fobia terhadap jenis serangga lain akan panik juga ketika melihat semut. (lgi)

Baca Juga:

Sederet Hewan Paling Romantis yang Bikin Jomlo Ngiri

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH