Flyover Tanjung Barat-Lenteng Agung Pangkas Jarak dan Waktu Tempuh

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 01 Februari 2021
Flyover Tanjung Barat-Lenteng Agung Pangkas Jarak dan Waktu Tempuh
Kendaraan memasuki jalan layang Tanjung Barat, Jakarta Selatan yang dibangun oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan dan meniadakan perlintasan sebidang rel kereta api di Lenteng Ag

MerahPutih.com - Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan uji coba flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung pada Senin (1/2).

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho menjelaskan, uji coba hari ini dan besok untuk melihat efektivitas dan pemanfaatan dari pembangunan kedua jalan layang di atas, dalam mengatasi kemacetan sebelumnya.

Baca Juga

Romantika Bersemi di Flyover Negeri Aing

Hari menyebutkan, pada hari pertama uji coba Minggu (31/1), efektivitas "Flyover U Turn" Lenteng Agung dan Tanjung Barat memang tidak terdata secara spesifik dan rinci data jumlah kendaraan yang melintas karena kebetulan juga bukan merupakan hari kerja.

Pihaknya akan melihat efektivitas tersebut pada saat uji coba hari kerja yang berlangsung selama dua hari, Senin (1/2) dan Selasa (2/2).

Menurut Hari, hari pertama uji coba, masyarakat menyambut baik dengan dibukanya kedua "flyover" karena yang sebelumnya harus memutar jauh di putaran Srengseng Sawah (Universitas Pancasila).

"Flyover U Turn (berputar) dapat memangkas baik dari segi jarak maupun waktu tempuh," kata Hari dikutip Antara

Flyover Tanjung Barat-Lenteng Agung. Foto: Pemkot Jakarta Selatan

Hari menambahkan, yang dapat dipastikan dengan dibangunnya kedua "flyover u turn" Lenteng Agung dan Tanjung Barat dapat meniadakan kemungkinan terjadinya kecelakaan antara pengguna jalan dan kereta api dalam melintasi perlintasan sebidang yang ada.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan uji coba untuk umum (open traffic) jalan layang (flyover) Lenteng Agung dan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, selama tiga hari.

Waktu uji coba untuk umum "flyover" Lenteng Agung-IISP dan "flyover" Tanjung Barat ini dijadwalkan Minggu pada jam 08.00 - 21.00 WIB.

Uji coba hari berikutnya Senin (1/2) pada jam 06.00 sampai dengan 21.00 WIB. Lalu, Selasa (2/2) pada jam 06.00-21.00 WIB.

Jalan layang Lenteng Agung memiliki panjang 430 meter di sisi barat dan 450 meter di sisi timur dengan lebar 6,5 meter. Sedangkan jalan layang Tanjung Barat sisi barat mencapai 540 meter dan sisi timur 590 meter.

Pembangunan jalan layang Lenteng Agung dan Tanjung Barat ini bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas, menghapus perlintasan sebidang kereta api, meminimalisir kecelakaan lalu lintas dengan kereta api dan mengamankan perjalanan kereta api.

Kedua jalan layang ini dirancang menarik dengan mengambil bentuk seperti tapal kuda yang saling membelakangi. (*)

Baca Juga

Anies Disuruh Sulap Semua Kolong Flyover Jadi Skatepark

#Lenteng Agung
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan