Flying Soldier Mencoba Sebrangi Perairan Inggris Menggunakan Hoverboard Flying Soldier dengan kendaraannya, Flyboard Air (Foto: Zapata.com)

FRANKY Zapata, seorang mantan atlit dan juga aktif sebagai pasukan militer cadangan dikenal sebagai flying soldier setelah menciptakan Hoverboard bertenaga jet yang dinamakan Flyboard Air. Dia memecahkan rekor penerbangan hoverboard terjauh pada tanggal 30 April 2016. Zapata terbang di pesisir selatan perancis sepanjang 2.252 meter.

Dilansir dari laman The Verge, pada tanggal 25 Juli lalu Zapata mencoba untuk menyebrangi perairan Inggris yang dikenal dengan "English Channel" dengan hoverboardnya. Namun ia gagal saat mencoba mendarat untuk mengisi bahan bakar.

Baca juga:

Baju Besi Iron Man Ada di Dunia Nyata

Menurut kabar dari Mail Online, Zapata hanya berjarak beberapa sentimeter dari landasan pengisian bahan bakar. Untungnya Zapata tidak terluka dalam kejadian itu karena ia jatuh ke dalam air.

Zapata memang sebelumnya memprediksi bahwa kemungkinan suksesnya hanya sebesar 30 persen. Dari kecelakaannya tersebut Zapatta menarik kesimpulan bahwa karyanya tidak praktis. Hal tersebut karena hoverboard miliknya sulit dikendalikan sehingga belum tentu bisa digunakan setiap orang.

Zapata sebelumnya pernah mengungkapkan di tahun 2016 bahwa untuk dapat berdiri di atas hoverboardnya membutuhkan waktu latihan minimal 50 hingga 100 jam.

Baca juga:

Sebentar Lagi, Inovasi Mobil Terbang akan Terwujud

Flyboard Air milik Zapata menggunakan lima mesin turbo mini yang masing-masing memiliki tenaga sebesar 250 daya kuda. Menurut laman The Guardian, kelima mesin tersebut membuat Hoverboard milik Zapata ini dapat mencapai kecepatan hingga 190 kilometer per jam. Bahan bakar yang dibutuhkan Flyboard Air dibawa oleh Zapata di dalam tangki yang digendongnya.

Flying Soldier Mencoba Sebrangi Perairan Inggris Menggunakan Hoverboard
Untuk dapat berdiri diatas Flyboard Air membutuhkan latihan 50-100 jam (Foto: Flycaptain)

Karena panjangnya "English Channel" dan keterbatasan bahan bakar yang dapat dibawa Zapata, ia harus melakukan pengisian ulang di tengah "English Channel". Namun angkatan laut Perancis hanya memperbolehkan sekali pemberhentian karena lalu lintas di "English Channel" cukup ramai.

Menurut laporan dari France24, Zapata akan kembali mencoba menyebrangi English Channel hari minggu ini (04/08). Untuk percobaan kedua, Zapata akan menggunakan kapal yang lebih besar untuk tempat pengisian bahan bakar. Jika Zapata berhasil dalam percobaan keduanya, ia akan jadi orang pertama yang menyebrangi "English Channel" menggunakan hoverboard. (sep)

Baca juga:

Wujud Nyata DeLorean dalam Film “Back To The Future”


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH