Kesehatan
Flu atau COVID-19? Bedakan dengan Cara Ini Flu dan COVID-19 punya gejala yang mirip.(Foto: 123RF/chajamp)

DI tengah cuaca ekstrem dan musim hujan, flu jadi penyakit musiman yang biasa kita alami. Namun, di tengah pandemi, kamu pasti jadi bertanya-tanya, apakah ini flu biasa atau COVID-19? Menurut dokter, COVID-19 dan influenza serupa, tetapi mereka memiliki beberapa perbedaan utama. Berikut cara membedakannya.

Kurva COVID-19 belum juga turun, bahkan telah mencapai angka setengah juta kasus di Indonesia. Dengan hari-hari yang lebih dingin akibat terus diguyur hujan, baik flu dan COVID-19 menyerang. Sayangnya, kedua penyakit sulit untuk dibedakan karena gejalanya hampir sama. “Baik influenza maupun virus korona sangat berbahaya. Kami harus berhati-hati dan peduli tentang keduanya,” kata Rajeev Fernando, M.D., pakar penyakit menular di Southampton, New York seperti diberitakan Prevention.com. Selasa (24/11).

BACA JUGA:

Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Sarang Kuman

Sejauh ini, berikut yang para dokter ketahui mengenai COVID-19 dengan flu. Perlu diketahui bahwa gejala apa yang mungkin muncul bisa berbeda.

flu
Gejala dua penyakit tumpang tindih. (foto: 123RF/Katsiaryna Lenets)

Ada banyak gejala yang tumpang tindih antara kedua penyakit ini. Tetapi ini adalah gejala utama COVID-19 yang perlu diperhatikan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC:

- Demam atau kedinginan- Batuk- Sesak napas atau kesulitan bernapas- Kelelahan- Nyeri otot atau tubuh- Sakit kepala- Kehilangan rasa atau bau baru- Sakit tenggorokan- Hidung tersumbat atau meler- Mual atau muntah- Diare

Gejala dapat muncul antara dua dan 14 hari setelah seseorang terinfeksi, kata CDC.

Sementara itu, CDC mencantumkan hal-hal ini sebagai gejala utama flu:

- Demam atau merasa panas atau menggigil- Batuk- Sakit tenggorokan- Hidung berair atau tersumbat- Nyeri otot atau tubuh- Sakit kepala- Kelelahan

Beberapa orang mungkin mengalami muntah dan diare (meskipun lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa). Flu datang dengan cepat, biasanya satu hingga empat hari setelah Anda terinfeksi. Ingatlah bahwa tidak semua orang yang terkena flu mengalami demam, tetapi gejala ini masih umum.

Covid-19
COVID-19 hanya dapat dipastikan lewat tes. (foto: 123RF/marctran)

Baik flu dan COVID-19 diyakini menyebar dari orang ke orang melalui droplet pernapasan setelah seseorang berbicara, batuk, atau bersin. Namun, CDC mengatakan COVID-19 lebih menular dan telah menciptakan lebih banyak peristiwa 'penyebaran super'.

Lalu, bagaimana kamu tahu jika gejala disebabkan COVID-19 atau flu? Sangat sulit untuk membedakan keduanya, bahkan untuk dokter. “Gejala awal influenza dan COVID bisa jadi identik,” kata Fernando.

Namun, kehilangan indra perasa atau penciuman tampaknya lebih umum terjadi dengan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, kata Thomas Russo, M.D., profesor dan kepala penyakit menular di Universitas di Buffalo di New York. “Saya akan lebih cenderung berpikir COVID-19 daripada flu jika seseorang memiliki gejala itu,” katanya. Tapi tidak ada gejala mutlak yang membedakan keduanya.

William Schaffner, M.D., seorang spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine, mengatakan hanya dengan mengetes seseorang untuk COVID-19 menjadi satu-satunya cara untuk mengetahui secara akurat dan menentukan penyakit yang mereka hadapi. “Tanpa tes, kami tidak tahu pasti,” dia menekankan.(Aru)

Kanal