Musik

FLEUR! Sajikan Nuansa 60an di Album Debut 'Fleur Fleur FLEUR!'

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 13 Juni 2022
FLEUR! Sajikan Nuansa 60an di Album Debut 'Fleur Fleur FLEUR!'
Artwork album Fleur Fleur FLEUR!. (Foto: La Munai Records)

BAND rock asal Jakarta yang digawangi oleh tiga personel perempuan, FLEUR!, akhirnya menelurkan album perdana mereka bertajuk Fleur Fleur FLEUR!, Jumat (10/6). Album yang dipersiapkan selama lebih dari tiga tahun ini, menjadi rangkuman sekaligus representasi perjalanan mereka sebagai 'titisan' band legendaris Dara Puspita, dengan 11 nomor solid di dalamnya.

“Album ini merupakan proses pembentukan jati diri dan musik FLEUR!,” terang Tika dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih. Fleur Fleur FLEUR! menjadi begitu istimewa bagi Tanya (gitar, vokal), Tika (drum, vokal), dan Yuyi (bas, vokal), mengingat apa yang telah mereka lalui dalam proses pembuatannya.

Baca juga:

Gandeng Bilal Indrajaya, FLEUR! Ajak Penggemar Bernostalgia lewat 'Juwita Malam'

View this post on Instagram

A post shared by FLEUR! (@fleurfleurfleurr)

Pertemuan para personel hingga terbentuk sebagai Flower Girls, fenomena kehidupan anak muda, berpulangnya sosok tercinta, hingga repetisi janji politisi merupakan inspirasi di balik penulisan lagu dalam album debut ini. “Duka dan luka yang saya alami di tengah proses rekaman, dan perubahan lirik lagu Merona yang didekasikan untuk momen tersebut. Album ini memiliki arti tersendiri bagi perjalanan hidup saya,” lanjut Tika.

Fleur Fleur FLEUR! masih kental dengan nuansa 60an, rasa yang mirip dengan apa yang telah FLEUR! tampilkan selama ini. Mereka tak memungkiri, inspirasi Dara Puspita masih melekat dan musik sejenis di era 60an juga menjadi referensi.

“Musik dan aransemen dalam album ini kita kerjakan bertiga, dan bisa dibilang ini merupakan rangkuman pemikiran dari perbedaan latar belakang genre musik masing-masing personel pasca Flower Girls,” jelas Yuyi.

Baca juga:

Bersama Hindia, Pee Wee Gaskins Rilis Single 'Vaya Con Dios'

Selain FLEUR!, album Fleur Fleur FLEUR! juga menampilkan beberapa musisi sebagai kolaborator. “Kami butuh panorama yang lebih lebar, suara yang manis seorang laki-laki, dan mengajak orang yang terlibat dari awal untuk turut kontribusi,” terang Tanya.

Alasan tersebut yang kemudian menjadi jawaban akan hadirnya Adra Karim untuk mengisi keyboard di lagu Break Sebat, Bilal Indrajaya untuk vokal di lagu Juwita Malam, dan Rika Putri Anjani di lagu Safe Flight. Seluruh materi album ini disempurnakan dengan brilian oleh Viki Vikranta (Kelompok Penerbang Roket) untuk proses mixing dan mastering.

Album Fleur Fleur FLEUR! dirilis secara fisik dalam bentuk CD Deluxe via Lamunai Records pada 10 Juni 2022. Sementara versi digital album ini akan tersedia di berbagai platform pada 24 Juni 2022.

Bersama Lamunai Records, FLEUR! akan mengadakan pesta perilisan di Jakarta pada 30 Juni dan Bandung pada 1 Juli 2022. Sebuah tur di berbagai kota juga telah dipersiapkan pada Juli mendatang untuk memperkenalkan dan merayakan rilisnya album debut mereka. (*)

Baca juga:

Will Mara Sajikan Cerita Romansa Masa Muda di 'Movie Night'

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia #Musisi Perempuan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan