FLEI Expo Kembali Digelar Bukti Antusiasme Bisnis Waralaba Makin Meninggi President Director Panorama Media Royanto Handaya memaparkan alasan FLEI digelar setahun dua kali. (Foto: MP/Ronggo)

SETELAH sukses menyelenggarakan gelaran ke-18 FLEI Expo atau ajang kali pertama sejak pandemi pada Juni lalu setelah dua tahun hiatus, Panorama Media kembali menghadirkan para pelaku usaha waralaba, kemitraan, dan licensing pada FLEI Expo di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) tanggal 18-20 November 2022.

BACA JUGA:

Pandemi Munculkan Tren Bisnis Baru

Pameran bisnis waralaba terbesar di Indonesia tersebut mengusung tema “Limitless Opportunity”, mempersembahkan “One Stop Solution for Business Opportunity Seekers” pada gelaran kali ke-19. "Saatnya membuat keputusan penting berwiraswasta," kata President Director Panorama Media Royanto Handaya pada konferensi pers The 19th International Series of FLEI Expo (8/11) di GoWork Plaza Indonesia.

Keputusan menggelar FLEI Expo dua kali setahun, menurut Royanto, lantaran animo begitu besar dari para masyarakat terhadap bisnis waralaba. Hal tersebut terbukti dengan sangat padatnya pengunjung di gelaran Juli silam hingga harus menutup tempat nan semula di jadwal jam 20.00 WIB menjadi diperpanjang satu jam.

FLEI
FLEI Expo kembali digelar karena antusiasme terhadap bisnis waralaba meninggi. (Foto: MP/Ronggo)

FLEI, lanjut Royanto, lantaran selain memasang nama Franchise juga License maka di Expo mendatang akan menghadirkan Licensing Pavilion sebagai selain sarana edukasi juga pertemuan antara marketing collaborator. Bisnis lisensi menjadi skema baru nan sedang banyak diminati dalam upaya pengembangan bisnis. "Lisensi jadi salah satu cara terbaru untuk mengembangkan bisnis," tutur Roy.

Berbeda dari gelaran di bulan Juni silam, tambah Royanto, FLEI XIX selain akan memamerkan 350 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail, dan berbagai peluang usaha lainnya, juga akan ada tamu dari luar negeri berkait lisensi.

Baca juga:

Asal-Usul Buzz Disajikan dalam Film 'Lightyear'

Di tengah ancaman resesi global, menurut Ketua Umum Asosiasi Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Tri Rahardjo, memulai atau mengembangkan bisnis waralaba menjadi pilihan jitu sebab terbukti telah memiliki brand awareness. "Bisnis franchise udah proven sehingga tingkat risikonya kecil," kata Tri Rahardjo.

FLEI
Food and Baverages jadi lini waralaba paling diminati. (Foto: MP/Ronggo)

Meski begitu, Tri Rahardjo memberikan kiat khusus agar berhati-hati memilih lini bisnis waralaba agar jangan sampai salah menentukan pilihan. "Jangan sampai kita ambil bisnis sifatnya tren. Growthnya cepat, turunnya juga cepat," kata Tri menegaskan. "Cari justru waralaba dengan tingkat ketahanannya tinggi, karena demandnya juga tinggi, sehingga konsumen akan repeat order".

Bisnis waralaba nan perkembangannya sedang bagus, menurut Tri, terjadi pada sektor food and beverage apalagi di masa pandemi terbukti mampu bertahan bahkan jadi penyangga perputaran roda ekonomi di hampir semua sendi kehidupan.

Dibandingkan dengan negara-negara lain, menurut Vice Chairwoman Permanent Committee Franchising, Licensing & Network Marketing dari KADIN Indonesia Levita G. Supit, Indonesia justru jadi negara paling cepat pulih secara ekonomi di saat pandemi.

FLEI
Levita mengatakan ekonomi Indonesia akan baik-baik saja pada 2023. (Foto: MP/Ronggo)

Kondisi paling sulit di masa pandemi, lanjutnya, di saat mobilitas dibatasi, Indonesia tetap bisa bertahan sehingga ancaman resesi global tak perlu ditanggapi dengan kepanikan berlebihan. "Ekonomi Indonesia akan baik-baik saja pada 2023," kata Levita.

FLEI, sambungnya, menjadi bukti jika antusiasme masyarakat terhadap bisnis waralaba tinggi bahkan forum tersebut bisa menjadi sarana menumbuhkan entrepreneur baru agar laju ekonomi tak lagi lambat. "Kami berharap FLEI menumbuhkan para entrepreneur agar ekonomi semakin bertumbuh". (*)

Baca juga:

Rugi USD3,2 Miliar, Starbucks Akan Tutup 400 Gerai

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Flying 3D Printer, Solusi Bangunan Rusak
Fun
Flying 3D Printer, Solusi Bangunan Rusak

Memperbaiki bangunan lebih mudah berkat Flying 3D Printer.

Nonton Film Horor Belum Tentu Mampu Bakar Kalori
Fun
Nonton Film Horor Belum Tentu Mampu Bakar Kalori

Bila ingin sehat dan terlindung dari risiko penyakit jantung, sebaiknya jaga diet seimbang, berpuasa serta olahraga secara teratur.

Guess Comot Karya Seni Banksy tanpa Izin
Fashion
Guess Comot Karya Seni Banksy tanpa Izin

Menuai kecaman dari sang seniman.

Bukan Sulap Bukan Sihir, Pakaian Olahraga Ini Terbuat dari Limbah Botol Plastik
Fashion
Bukan Sulap Bukan Sihir, Pakaian Olahraga Ini Terbuat dari Limbah Botol Plastik

Sampah botol plastik yang digunakan masih diimpor dari Taiwan.

Dijual, Rumah dengan Interior Replika dari Serial 'Friends'
Fun
Dijual, Rumah dengan Interior Replika dari Serial 'Friends'

Seorang penggemar berat memutuskan untuk menyalurkan nostalgia acara tersebut ke sebuah properti.

Liburan Sekolah Makin Asyik dengan Penawaran Menarik
Fun
Liburan Sekolah Makin Asyik dengan Penawaran Menarik

Manfaatkan liburan dengan hal-hal positif.

Makan Sehat Enggak Harus Mahal
Fun
Makan Sehat Enggak Harus Mahal

Jangan keseringan beli makanan yang sudah diproses

Ketika Selebritas Mencoba Jadi Ahli Kesehatan Mental
Hiburan & Gaya Hidup
Ketika Selebritas Mencoba Jadi Ahli Kesehatan Mental

Apakah saran dari selebritas tepat dan benar-benar membantu?

Steven Tyler Masuk Rehab, Aerosmith Batal Manggung di Las Vegas
ShowBiz
Steven Tyler Masuk Rehab, Aerosmith Batal Manggung di Las Vegas

Vokalis berusia 74 tahun itu telah terbuka mengenai perjuangannya lepas dari penyalahgunaan zat adiktif.