FKUB Minta Umas Islam Jangan Terpancing Provokasi dan Jaga Persatuan Merahputih.com / Rizki Fitrianto.

MerahPutih.com - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lebak meminta umat Muslim menjaga persatuan dan kesatuan sehingga keamanan dan ketertiban di daerah ini.

"Kita jangan sampai terpancing berita hoaxs, adu domba,ujaran kebencian yang bisa memecehbelah bangsa," kata Ketua FKUB Kabupaten Lebak KH Baidjuri di Lebak, Sabtu (24/3) seperti dikutip Antara

Selama ini, kerukunan umat beragama di Kabupaten Lebak cukup baik, kondusif, damai mencintai Negara Kesatuan Republik Indoesia (NKRI).

Begitu juga kehidupan di masyarakat bersikap toleransi dan saling menghargai sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang besar.

Mereka tidak memperdebatkan keyakinan yang dianut masing-masing dan perbedaan suku,agama,ras dan antar golongan, karena Indonesia sebagai negara ideologi Pancasila.

Mencuatnya perseteruan antara mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais, dan Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan tidak menjadikan perselisihan yang berkepanjangan.

"Kita berharap para elite politik bersikap damai dan tidak saling hujat menghujat," katanya.

Ia mengatakan, persatuan dan kesatuan bangsa itu perlu dijaga dan dilestarikan umat Muslim dan jangan sampai terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas mencuatnya perseteruan Amien-Luhut.

Sebab, ajaran Islam sangat mencintai kedamaian,kerukunan juga toleransi antaragama.

Dalam sejarah umat Muslim mampu menjadi tonggak pemersatu bangsa dan bagian terdepan dalam mempertahankan dan memperkuat NKRI.

"Islam tentu mengajarkan cinta Tanah Air sebagai bentuk keimanan diantaranya mempertahankan NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika itu," katanya.

Pendeta Gereja Bethel Indonesia (GBI) Rangkasbitung Kabupaten Lebak Rubianto menyatakan selama ini hubungan antaragama di daerah ini relatif kondusif,damai dan aman.

Kehidupan di masyarakat saling berdampingan juga belum pernah terjadi tindakan kekerasan atau ancaman perpecahan.

Bahkan, pertemuan antar pemuka agama yang dilaksanakan bulanan hingga kini masih berjalan dengan baik.

Selama ini, hubungan antarumat beragama di Kabupaten Lebak sangat baik dan kondusif antara pemeluk Islam, Katolik, Kristen, Konghucu, Hindu dan Buddha.

Sebab, dirinya sudah puluhan tahun tinggal di Lebak aman dan damai, bahkan umat kristiani sangat menghormati dan menghargai jika umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Di samping itu juga pihaknya telah meminta pada masyarakat agar jangan melakukan tindakan anarkis ketika terjadi perbedaan pendapat.

"Kalau terjadi perbedaan kita minta diselesaikan dengan baik, dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa," pungkasnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH