FKG Usakti Tingkatkan Kesadaran Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pengobatan gigi yang berat dirujuk ke RSGM FKG Usakti. (Foto: ist)

BERUSAHA meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia bukan hanya tugas pemerintah. Melainkan tugas bersama warna negara Indonesia beserta elemen-elemen yang ada.

Salah satu kesehatan masyarakat yang harus didorong terus menuju ke tingkat yang lebih tinggi adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berangkat dari sinilah Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti) menggelar penyuluhan di RPTRA Wijaya Kusuma, Kelurahan Wijaya Kusuma, Kec Grogol Petamburan, Jakarta Barat.


Baca Juga:

Ketika Anak Tumbuh Gigi, Begini Cara Menanganinya

gigi
PKM FKG Usakti yang dipimpin oleh drg I Gusti Ayu Ratih Utari Mayun, Sp.Pros. (Foto; ist)

Kegiatan ini merupakan wujud dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Masih rendahnya kesadaran masyarakat pada kesehatan gigi dan mulut mendorong 63 orang mahasiswa FKG Usakti yang dipimpin oleh drg I Gusti Ayu Ratih Utari Mayun, Sp.Pros, memberikan pencerahan betapa pentingnya menjaga kesehatan pada area itu.

Kegiatan ini memberikan akses pada masyarakat untuk memeriksakan giginya secara gratis. Tak hanya masyarakat juga mendapatkan pengobatan pada mulut dan giginya secara gratis, untuk anak-anak dan dewasa. Pengobatan dalam tahap ringan masih dapat dilakukan di tempat. Namun bila dalam pengobatan yang berat mendapat rujukan berobat ke puskesmas terdekat atau RSGM FKG Usakti.

Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut memang menjadi salah satu tujuan membangkitkan kesadaran masyarakat. Masyarakat disadarkan betapa pentingnya untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Kesehatan gigi dan mulut harus tetap dijaga, bukan hanya ketika ada masalah baru mendatangi dokter.

Baca Juga:

Ingin Punya Senyum Sehat? 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Menyikat Gigi

gigi
Mempermudah masyarakat dalam mengakses pengobatan gigi. (Foto: ist)


Tak hanya itu kegiatan ini juga membentuk kader-kader di wilayah tersebut sehingga kegiatan ini tak hanya sebatas pada hari itu saja. Dengan demikian pelaksanaannya akan terus berkesinambungan terus-menerus menumbuhkan kesadaran merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dalam kesempatan ini warga kelurahan itu juga diberikan kursus singkat pembuatan dan perawatan gigi tiruan.

Sesuai dengan taglinenya, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut masyarakat, para peserta kegiatan memberikan pelatihan untuk membentuk kader pada ibu-ibu posyandu di kelurahan Wijaya Kusuma itu.

gigi
FKG juga membentuk kader penyuluh kesehatan gigi di lokasi kegiatan. (Foto: ist)

Membantu pemerintah dan masyarakat dalam menyediakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta mengatasi permasalahan kesehatan gigi dan mulut dengan penyuluhan melalui pelatihan kader dlm rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat yang dibuat oleh FKG Usakti ini tak hanya meliputi wilayah Jakarta saja. Kegiatan yang sama juga dilakukan di beberapa tempat lainnya pada tanggal 18-23 Agustus. Seperti di SMPN Terbanggi Besar 3 dan SMPN Terbanggi Besar 5 di Bandar Jaya Lampung Tengah. (*)


Baca Juga:

Akses Kesehatan Gigi Dipermudah oleh FKG Usakti

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH