Fitur Terbaru Tiktok Bantu Pengguna Enggak Silap Waktu Terdapat beragam konten di aplikasi TikTok. (Foto: Unsplash/Solen Feyissa)

TIKTOK menjadi salah satu media sosial banyak diunduh pengguna. Di Indonesia, menurut data ByteDance, pengguna TikTok berusia 18 tahun lebih mencapai 92,07 juta pada awal 2022. Pihak Tiktok lantas menjaga agar pengguna terus bertambah dengan memperbanyak fitur terbaru.

Aplikasi nan pada awal 2022 secara global penggunanya mencapai 755 juta tersebut memang jadi candu. Jika tak dijeda bisa-bisa pengguna hanya berleha-leha di sofa seharian menonton konten di Tiktok. Bahkan, tak sedikit pula pengguna awalnya membuka aplikasi Tiktok sekadar mencari hiburan sebentar sampai kantuk lalu tertidur meski kenyataannya tiba-tiba sudah pagi.

Demi mengantisipasi hal tersebut, pihak Tiktok membuat fitur teranyar agar pengguna bisa mengatur waktu dan periode penggunaan aplikasi tersebut.

"Kami berharap fitur kesejahteraan digital baru ini dapat terus mendukung komunitas kami dalam membina hubungan positif dengan TikTok," ujar salah satu pihak TikTok, dikutip XDA Developers, Minggu (12/6).

.

Baca juga:

Rindunya Lagu-Lagu TikTok Bulan Puasa Awal Pandemi

TikTok akan Rilis Fitur Atur Waktu Bagi Pengguna
Membuat kamu jadi bisa mengatur waktu lebih baik. (Foto: Unsplash/Shingi Rice)

Perlindungan terhadap kesehatan pengguna sangat penting agar Tiktok bisa jadi aplikasi paling nyaman juga aman. "Kami akan terus berinvestasi dalam melindungi kesejahteraan orang-orang, sehingga kami dapat merasa mengendalikan pengalaman TikTok mereka," lanjutnya.

Dalam beberapa minggu mendatang, beberapa fitur baru tersebut akan hadir sehingga penggunan bisa mengatur waktu penggunaan agar tak silap waktu.

Fitur pertama memungkinkan pengguna untuk mengatur pengingat istirahat selama satu sesi menonton. Pengguna bisa menentukan waktu penggunaan lalu akan beroleh semacam pengingat untuk beristirahat. Pengingat itu hanya akan muncul ketika waktu video sudah selesai ditonton dan tidak akan mengganggu pengalaman menonton.

Baca juga:

TikTok Luncurkan Platform SoundOn, Pengguna Bisa Berdamai Monetisasi Musik

Main TikTok Kini Lebih Aman dengan Atur Waktu
Beberapa data yang disertakan di dasbor akan berupa ringkatan waktu harian yang dihabiskan. (Foto: Unsplash/Hello I'm Nik)

Fitur kedua semacam bentuk dasbor waktu di layar. Pengguna akan melihat berapa banyak waktu dihabiskan di TikTok. Beberapa data akan disertakan di dasbor berupa ringkasan waktu harian, berapa kali aplikasi dibuka, dan laporan penggunaan untuk siang dan malam.

Jika kamu ternyata jarang membuka fitur pemantauan ini namun ingin mengetahui kebiasaan, maka TikTok memungkinkanmu untuk memasang pengingat mingguan.

Fitur unik lainnya juga akan muncul pengingat bagi komunitas usia 13-17 tahun. Pengingat itu akan muncul apabila pengguna telah membuka aplikasi TikTok lebih dari 100 menit dalam satu hari.

TikTok juga menawarkan panduan baru bagi mereka nan penasaran dan ingin informasi lebih lanjut tentang merawat kesejahteraan digital. (and)

Baca juga:

Diputar Dimana-mana, 5 Lagu TikTok Ini Selalu Terngiang di Kepala

Kanal