Fitur Terbaru Konsol PlayStation 5 akan Buat Seri Sebelumnya Terlihat Kuno Fitur PS5 yang siap menggantikan fitur lawas PS4 (Foto: Inverse)

PADA acara 2019 Corporate Strategy Meeting, Sony sempat menyinggung sedikit terkait perkembangan konsol gaming. Tentunya di sini Sony mengeluarkan beberapa petunjuk akan revolusi dari berbagai konsol PlayStation yang akan dirilis selama beberapa dekade kedepan.

Sony menegaskan bahwa seri PlayStation berikutnya (PS5) atau disebut sebagai PlayStation Next Generation akan menghadirkan fitur-fitur yang mampu membunuh beberapa fitur yang hadir dalam PlayStation 4, bahkan membuat konsol gaming terakhir Sony itu terlihat kuno. Lantas, seperti apakah fitur yang akan diluncurkan dalam PlayStation Next Generation (PS5) ini? Yuk simak penjelasannya di bawah.


1. Penggunaan Solid State Drive

PS5 direncanakan akan dirancang dengan menggunakan sebuah hard drive generasi terbaru yaitu Solid State Drive (SSD). Penggunaan perangkat keras ini berguna untuk mendorong percepatan loading sehingga 19x lebih cepat dari PS4.

2. Era Baru dalam Dunia Gaming

Fitur Terbaru Konsol PlayStation 5 akan Buat Seri Sebelumnya Terlihat Kuno
Era baru dalam dunia gaming anti loading (Foto: Nintendo Life)

Setelah sekian lama permasalahan bermain video game adalah waktu loading yang sangat lama. PS5 akan membuang fitur tersebut, nantinya loading screen atau waktu menunggu pada saat beberapa elemen video game, akan dimuat secara langsung dan diganti dengan fitur gameplay atau cutscene.

Fitur ini nantinya akan membuat pemain bisa sambil menikmati video game sembari elemen-elemen selanjutnya sedang dimuat.

3. Isu Akan Dihilangkannya Kaset Fisik

Fitur Terbaru Konsol PlayStation 5 akan Buat Seri Sebelumnya Terlihat Kuno
Isu penggunaan cloud gaming yang akan menggantikan kaset fisik dalam dunia konsol (Foto: Teldat)

PS5 direncanakan akan menghilangkan fitur kaset fisik sebagaimana saat ini masih digunakan dalam PS4 baik yang biasa ataupun versi PS4 Pro.

Isu ini hadir dikarenakan penggunaan kaset fisik sering kali menghambat waktu pemuatan game dalam konsol dibandingkan dengan penggunaan download melalui cloud PS4 Store. Karena waktu reading time dari perangkat keras konsol sendiri seringkali tidak sinkron dengan gameplay yang dimainkan pemain (terlalu cepat).

Sehingga, fitur cloud base sendiri diisukan akan lebih dimutakhirkan dalam PlayStation New Generation dimana fitur ini akan lebih baik dalam dunia video game. (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH