Teknologi

Fitur QR Code di Aplikasi Pedulilindungi bisa untuk Check-in di Bandara

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 21 Juli 2021
Fitur QR Code di Aplikasi Pedulilindungi bisa untuk Check-in di Bandara
Aplikasi Pedulilindungi untuk melacak kasus Covid-19. (Foto: Tangkapan layar aplikasi pedulilindungi)

APLIKASI Pedulilindungi memiliki fitur baru, pindai QR Code. Fungsi fitur ini untuk dapat melakukan check-in dan check-out di gedung, mall, tempat makan, lokasi wisata dan fasilitas umum lainnya termasuk di bandara. Fitur ini digunakan untuk membantu tracing atau menelurusi lokas-lokasi yang terdapat pasien COVID-19.

"Dengan demikian aplikasi pedulilindungi, terintegrasi dengan Elektronik Health Alert Card (e-HAC), kartu vaksinasi COVID-19, dan hasil pemeriksaan RDT Antigen dan PCR dapat divalidasi oleh petugas bandar udara di counter check-in, bagi penumpang transportasi udara," ujar Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, Senin,(5/7/21).

Baca Juga:

Cara Mengakses Sertifikat Vaksin COVID-19 di Pedulilindungi

pedulilindung
QR code di aplikasi Pedulilindungi. (Foto: tangkapan layar aplikasi Pedulilindungi)

QR Code ini digunakan di bandara ketika akan melakukan check-in di counter. Dengan ini, pihak bandara dapat melacak kesehatan penumpang dengan otomatis. Setidaknya dengan kebijakan ini, kesehatan dan kenyamanan pengguna transportasi udara lebih terkendali.

Bandara menjadi salah satu tempat terjadi penyebaran virus. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berlalu lalang dari tempat satu ketempat lainnya. Walaupun hasil tes COVID-19 negatif, bukan berarti orang tersebut dapat terbebas dari virus.

Ia juga mengatakan bahwa dengan menggunakan fitur pemindaian tersebut, masyarakat secara langsung berperan aktif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan untuk menangani COVID-19.

Baca Juga:

Mengenal COVID-19 Varian Kappa

pedulilindung
Fitur-fitur yang terdapat di aplikasi Pedulilindungi. (Foto: tangkapan layar aplikasi Pedulilindungi)

Untuk mengakses QR Code ini cukup mudah,

1. Buka laman pedulilindungi atau unduh aplikasi pedulilindungi di Android maupun IOS.


2. Setelah berhasil mengunduh, daftarkan diri anda melalui email atau nomor telepon.


3. Kemudian lakukan verifikasi nomor, dan masukan kode OTP yang diterima.


4. Setelah berhasil masuk, anda akan melihat fitur "Scan QR Code".


5. Izinkan akses kamera di device anda untuk bisa menggunakan fitur QR Code.


6. Fitur ini siap digunakan.

Pedulilindungi adalah aplikasi yang dikembangkan pemerintah untuk memudahkan proses pelacakan lokasi dan wilayah-wilayah yang terdapat pasien yang terjangkit COVID-19.

Aplikasi ini berfungsi untuk memberikan informasi-informasi kepada masyarakat terkait lokasi yang pernah dikunjungi oleh pasien yang terjangkit COVID-19.

Selain fitur QR Code, terdapat juga fitur Registrasi Vaksin. Scan QR Code, Teledokter, Info Penting, Diari Perjalanan, dan Paspor Digital. Dengan fitur-fitur ini memberikan manfaat luas bagi pengguna dan pemerintah. (Cil)

Baca Juga:

Mulai Hidup Sehat dengan Eco-Lifestyle

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan