Otomotif

Fitur Mobil Jerman Ini Dikenai Biaya Berlangganan

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 13 Juli 2022
Fitur Mobil Jerman Ini Dikenai Biaya Berlangganan
BMW kenakan biaya berlangganan untuk sejumlah fiturnya. (Foto: BMW)

PABRIKAN otomotif asal Jerman BMW menerapkan sistem berlangganan layaknya konten video gim yang dapat diunduh namun hanya untuk produk otomotif mereka. Motor1 menuliskan pada toko digital ConnectedDrive, pemilik BMW dapat membayar biaya bulanan untuk mendapatkan sejumlah fitur tambahan pada mobil mereka seperti kursi berpemanas.

Harganya USD 18 atau setara dengan Rp 275 ribu. Pengguna juga bisa mendapatkan paket satu tahun seharga USD 176 (Rp 2,6 juta) atau langganan tiga tahun seharga USD 283 (Rp 4,2 juta).

Baca juga:

BMW Rilis i7, Sedan Mewah Listrik Pertama di Dunia

Pemanas kursi mobil BMW dikenai biaya berlangganan. (Foto: BMW)

Toko BMW ConnectedDrive adalah portal yang digunakan oleh pemilik mobil BMW untuk mengunduh berbagai aplikasi. Semuanya dilakukan tanpa datang ke toko fisik atau harus mengunjungi diler untuk menginstal perangkat lunak baru.

Sementara untuk fitur kursi berpemanas, merek mewah Jerman itu berbaik hati memberikan masa uji coba gratis selama satu bulan. Bila pemilik menginginkan fitur tersebut secara permanen, maka harus membayar sebesar USD 406 (Rp 6 juta).

Paket berlangganan serupa juga ditawarkan untuk setir berpemanas yang dikenakan biaya USD 10 (Rp 150 ribu) per bulan, USD 92 (Rp 1,3 juta) per tahun, dan USD 161 (Rp 2,4 juta) selama tiga tahun.

Baca juga:

BMW X7 2023 Sudah Meluncur, Tampilannya Lebih Gahar

Berbagai fitur tambahan bisa dibeli secara online. (Foto: BMW)

Pemilik BMW juga dapat membelinya langsung seharga USD 222 (Rp 3,3 juta). Sementara untuk Apple CarPlay nirkabel dibanderol seharga USD 305 (Rp 4,5 juta). Toko itu juga memungkinkan pemilik BMW untuk menambahkan fitur tambahan pada lampu depan high-beam otomatis, sistem keamanan tambahan, dan Driver Recorder berbasis kamera.

Salah satu barang paling tidak biasa yang ditemukan di BMW ConnectedDrive Store adalah IconicSounds Sport. Ini pada dasarnya memainkan suara mesin palsu melalui speaker mobil dengan harga USD 138 (Rp 2 juta) untuk memiliki fitur tersebut secara permanen.

Mungkin dalam masa mendatang akan ada versi jailbreak seperti pada ponsel pintar untuk membuka sejumlah fitur tanpa membayar kepada produsen. Namun hal itu bisa mengakibatkan garansi hangus setelah menghapus paywall yang dibuat produsen. (waf)

Baca juga:

BMW X3 Varian Terbaru Mengaspal di Indonesia

#Teknologi #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan