Teknologi

Fitur Generative Fill Adobe Photoshop Bikin Editing Foto Mudah dan Menyenangkan

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 05 Juni 2023
Fitur Generative Fill Adobe Photoshop Bikin Editing Foto Mudah dan Menyenangkan
Fitur Generative Fill bisa permudah proses editing foto. (Foto: Adobe)

MENGEDIT foto di aplikasi Adobe Photoshop biasanya bukan hal yang mudah. Memang bisa dipelajari, tapi tak dapat dikuasai semua orang. Namun, aplikasi itu sekarang menjadi mudah digunakan, bahkan menyenangkan, dan tak memerlukan proses belajar yang rumit seperti dahulu.

Hal itu bisa terjadi berkat bantuan AI terbaru Adobe, yang fiturnya dinamai Generative Fill. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk memanipulasi konten yang ada di dalam gambar dengan bantuan AI. Pengguna cukup menuliskan apa yang ingin mereka ubah atau tambahkan di dalam gambar.

Kemudian, sisanya akan menjadi pekerjaan AI. Pengguna tak perlu repot-repot menggunting, menghapus, mewaranai, atau melakukan apa pun. Fitur Generative Fill Adobe Photoshop bisa melakukan semuanya hanya dengan perintah teks.

Baca juga:

Adobe Hadirkan Photoshop Camera untuk Android dan iOS

Bisa ganti objek hingga latar belakang. (Foto: Adobe)

Contoh, pengguna bisa mengganti latar belakang sebuah foto hanya dengan menandai latar belakang dengan selection tools, lalu menambahkan perintah atau text prompt untuk mengganti latar belakang sesuai keinginan.

Melalui fitur itu, pengguna bisa melakukan berbagai hal terhadap gambar yang sedang atau ingin mereka edit, dan bisa menghemat waktu. Bahkan, pengguna bisa menambahkan atau mengganti objek yang ada di dalam foto, apapun itu.

Fungsi lainnya, pengguna bisa mengganti warna objek dengan memasukkan beberapa kata ke dalam prompt. Misal, pengguna ingin mengganti warna mobil, pakaian, rambut, gaya rambut, menambahkan jam tangan ke pergelangan, membuat kulit wajah terlihat lebih lembap, dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Adobe Mempermudah Aplikasi Photoshop Terhubung ke Kamera Ponsel

Cukup mengisi teks untuk mengganti objek atau latar belakang foto. (Foto: Adobe)

Pengguna juga bisa mengganti pakaian yang dikenakan subjek di dalam foto. Jadi, kamu bisa mengenakan sebuah kaos di dalam foto dan ingin menggantinya dengan hoodie, atau mengganti celana jins warna hitam dengan biru, atau menambahkan kacamata hitam, dan lainnya.

Caranya juga sangat mudah. Pengguna cukup menggunakan selection tools dan menandai bagian yang ingin diganti. Misal, pengguna menandai bagian sepatu, dan ingin menggantinya dengan Nike Air Force 1, maka tinggal mengetik 'Air Force 1' pada text prompt, dan AI akan mengerjakannya.

Fitur Generative Fill itu tersedia di Adobe Photoshop versi terbaru. Namun, sejauh ini fitur itu masih tersedia dalam versi beta. Rencananya, Adobe akan merilis fitur tersebut ke semua pelanggan Creative Cloud pada semester kedua 2023. (waf)

Baca juga:

Keren, Kecerdasan Buatan Adobe Ini Bisa Mendeteksi Foto Asli atau Editan

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan