Fitur-Fitur Keren di PlayStation 5 PlayStation 5 hadirkan berbagai fitur keren. (Foto: Indian Post)

MENYAMBUT dekade baru, Sony akan merilis konsol next gen yang akan dirilis setelah 2020. Meskipun desain belum benar-benar paten, tetapi PlayStation 5 memiliki fitur yang membuat konsol ini cocok untuk permainan yang membutuhkan spesifikasi cukup kuat.

Melansir laman Wired, inilah spesifikasi yang dijanjikan Sony untuk membuat para fansnya terkesima. Ray tracing dan solid state drive mutakhir adalah poin penting dari konsol next gen ini.

Baca Juga:

Genap Berusia 30 Tahun, Simak Perjalanan Panjang Konsol Game Klasik Gameboy

1. Spesifikasi terbaru, datangkan ray tracing

PlayStation 5
PS 5 hadirkan fitur ray tracing. (Foto: Digital Trends)

Untuk CPU dan GPU, PlayStation 5 berkolaborasi dengan brand kartu grafis terbaik, AMD. Kolaborasi tersebut mendatangkan perangkat yang tidak pernah dirilis sebelumnya, seperti prosesor terbaru dari AMD Ryzen 2 generasi ketiga. GPU dari anakan Radeon Navi juga akan mendatangkan fitur terbaru untuk next gen gaming, ray tracing.

Sebagai informasi, ray tracing adalah teknik dari suatu rendering di mana GPU akan mengoptimisasi suatu model 3D dalam waktu simulasi yang begitu cepat. Saat kamu menikmati pemandangan dengan kecepatan tinggi, ray tracing membuat kinerja GPU tidak terlihat macet. Keren kan?

Fitur ray tracing sudah bisa dinikmati di GPU kelas atas, seperti GeForce RTX. Tetapi untuk mendapatkan fitur ray tracing dengan harga murah sepertinya menjadi penawaran menarik dari Sony.


2. Solid state drive yang mutakhir

PlayStation 5
PS 5 menghadirkan solid state Drive terkuat. (Foto: Hypebeast)

Untuk Solid State Drive (SSD), PlayStation 5 masih mencari gandengan yang cocok untuk konsol mutakhir ini. Kabarnya juga, Sony akan membuat SSD yang lebih mutakhir daripada SSD terbaik yang sudah dirilis (Samsung 970 Evo), dan ingin menembus rekor reading speed tersebut, 2.200MB/s.

Untuk riset, Sony juga pernah melakukan clocking pada PS4 Pro untuk game Red Dead Redemption. Waktu loading dan fast travel pada game tersebut masih membutuhkan waktu beberapa menit. Karena PS4 Pro masih memakai fitur Hard Disk Drive (HDD). Jadi, jika konsol next gen terpasang SSD, mungkin saja waktu loading akan lebih singkat.


3. Loading game secara singkat, tanpa kendala

Sony juga pernah memamerkan kekuatan dari konsol next gen di Jepang, pada demonstrasi game Spider-Man. Sony menunjukkan kekuatan dari PlayStation 5 sebagaimana fitur ray tracing digunakan dalam memuat permainan dalam kecepatan tinggi. Hasilnya tanpa kendala dan tidak ada kemacetan. Berbeda dengan PlayStation 4 Pro yang masih memiliki kendala berupa macet dan waktu loading yang cukup lama. (Aldo)

Baca Juga:

Milenial Mungkin Tidak Tahu, 4 Konsol Game Ini Pernah Merajai Dunia


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH