Game
Fitur DLSS dari VGA Nvidia Hadir di Linux Fitur DLSS untuk memaksimalkan performa di resolusi tinggi hadir di Linux. (Foto: Nvidia)

FITUR yang membuat game menjadi lebih kece di resolusi tinggi ini akhirnya datang ke sistem operasi lain. DLSS (Deep Learning Super Sampling) yang telah diperkenalkan sejak generasi pertama VGA RTX pertama garapan Nvidia akan hadir dan mendapatkan kompatibilitas penuh di sistem operasi Linux.

Dilansir dari laman Kotaku, kemungkinan besar implementasi kompatibilitas ini akan menjadi luas bagi kalangan para gamer yang bermain di sistem operasi selain Windows. Implementasi pembawaan fitur DLSS ke Linux ini dibantu oleh Valve yang kemungkinan besar sedang menggarap update terbaru mengenai sistem operasi miliknya. Sistem operasi berbasis Linux bernama SteamOS itu hadir untuk mendapatkan fitur dari kekuatan VGA RTX yang sama dengan Windows.

Baca juga:

Package Manager Microsoft, Berbasis Command Prompt Layaknya Linux

Implementasi akan update ini akan diperkenalkan pada Proton, program yang diperkenalkan oleh Valve demi memainkan game Windows pada sistem operasi Linux. Satu hal yang sebenarnya bisa dibilang rancu adalah fitur DLSS sebelumnya diperkenalkan pada program Proton sendiri. Bahkan, tidak diperuntukkan untuk dimainkan secara mentah-mentah dengan menggunakan sistem operasi Linux tanpa menggunakan program sama sekali.

FidelityFX, alternatif untuk pengguna VGA AMD yang ingin merasakan fitur DLSS. (Foto: AMD)

DLSS merupakan fitur pertama yang diperkenalkan oleh Nvidia pada VGA pertama miliknya yang menggunakan fitur real-time ray tracing.

Fitur ini digunakan langsung bagi kalangan gamer yang menggunakan layar beresolusi tinggi demi membuat permainan menjadi lebih detail dengan memanfaatkan fitur AI pada kartu VGA milik Nvidia tersebut. Hasilnya? Game dengan resolusi kurang dari 4K dapat dimainkan di resolusi 4K dengan kualitas yang tajam dengan mengorbankan beberapa aspek performa.

Baca juga:

Main Gim Kini Bisa Melalui Aplikasi Ojek Daring

Tentu fitur ini bisa dibilang hanya untuk resolusi tinggi dan teknologi yang dipakai untuk memaksimalkan permainan ala next-gen ini sudah dapat dinikmati oleh gamer Linux di 2021.

Di lain hal, implementasi DLSS pada Linux ini akan menciutkan pasar kartu VGA AMD dikarenakan Radeon belum memberikan kompatibilitas yang layak ala gamer pada sistem operasi lain. Termasuk Linux dan juga Unix seperti MacOS untuk para gamer yang ingin merasakan performa bermain seperti di Windows.

Tetapi dari segi performa, AMD ternyata sudah memperkenalkan driver open-source untuk VGA Radeon miliknya sejak 2015. Modul kernel yang sudah mereka garap tersebut terbilang lebih stabil. Bahkan, beberapa gamer klaim bahwa penggunaan kartu VGA AMD di Linux tidak merasakan permasalahan seperti screen tearing, program menjadi rusak dan beberapa tekstur hilang. Source code yang ada pada VGA AMD dapat dinikmati oleh kalangan Linux melalui repository tanpa mengenal distro sistem operasi Linux yang digunakan.

Lalu AMD juga sudah memperkenalkan fitur baru untuk saingkan DLSS bertajuk FidelityFX, VGA Radeon. Fitur ini akan memberikan beberapa preset kualitas bagi pengguna yang ingin bermain dengan kualitas tajam di resolusi hingga 4K, atau memperkuat performa frame per detik.

Banyak fitur yang diberikan oleh VGA garapan Nvidia. Performa dari VGA garapan AMD juga tidak perlu diragukan lagi. Para gamer tak perlu berpikir panjang lagi untuk memilih kartu VGA favoritnya tanpa mengenal OS yang digunakan. (dnz)

Baca juga:

Intel Rilis Prosesor vPro Generasi Ke-10 untuk Keperluan Bisnis

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kurang Laku, Apple Pangkas Produksi iPhone 12 Mini
Fun
Kurang Laku, Apple Pangkas Produksi iPhone 12 Mini

Agaknya pengguna lebih suka iPhone yang lebih besar ukurannya.

Cegah COVID-19, Apakah Efektif Pakai Dua Masker Sekaligus?
Fun
30 Tamu yang Boleh Melayat Pangeran Philip
ShowBiz
30 Tamu yang Boleh Melayat Pangeran Philip

Upacara Pemakaman Pangeran Philip digelar seminimalis mungkin.

Menyusuri Sungai Amazon Bersama ‘Jungle Cruise’
Fun
Menyusuri Sungai Amazon Bersama ‘Jungle Cruise’

Diadapatasi dari wahana bermain Jungle Cruise Disneyland.

Facebook Blokir Konten Berita di Australia
Fun
Facebook Blokir Konten Berita di Australia

Facebook menghadapi situasi pelik di Australia.

4 Lagu Indo Super Ngenes Untukmu yang Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan
ShowBiz
4 Lagu Indo Super Ngenes Untukmu yang Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan

Sudahi sedihmu dan mulai hargai dirimu sendiri

Stray Kids Siap Comeback dengan Album 'No Easy'
ShowBiz
Stray Kids Siap Comeback dengan Album 'No Easy'

Stray Kids telah merilis single terbaru mereka bertajuk Oh.

5 Momen Paling Emosional di US Open 2021
Fun
5 Momen Paling Emosional di US Open 2021

Momen-momen yang membuat US Open 2021 selalu dikenang.

Vincentia A Paulo Make Up Artist Tuli Memiliki Kepercayaan Diri Tinggi
Hiburan & Gaya Hidup
Vincentia A Paulo Make Up Artist Tuli Memiliki Kepercayaan Diri Tinggi

Walaupun memiliki kekurangan , bukan menjadi penghambatnya untuk terus tetap percaya diri mengembangkan bakatnya.

Sajian Natal, Bikin Kastengel Ngeju Banget dengan Trik Ini
Kuliner
Sajian Natal, Bikin Kastengel Ngeju Banget dengan Trik Ini

Kue asal Belanda ini memang punya tekstur renyah dengan rasa keju nan gurih.