Fitur Baru Spotify Premium Buat yang Jauh Jadi Dekat Bisa mendengarkan meskipun dari jarak jauh. (Foto: The Verge)

SPOTIFY baru saja merilis fitur terbarunya bagi pengguna Spotify Premium, Group Session. Fitur ini memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin mendengarkan lagu dan podcast bersama teman atau keluarga pada saat yang sama, bahkan jika mereka tidak berada di lokasi yang sama. Spotify pun mengungkapkan alasan dirilisnya fitur Group Session ini.

Mengutip Tech Crunch, pembaruan ini sengaja dibuat ketika banyak orang yang ingin menghabiskan waktu bersama namun terkendala COVID-19. Dengan fitur Group Session ini, kamu bisa mendengarkan podcast dan lagu secara bersamaan. Setiap pengguna premium dapat menghasilkan tautan yang dibagikan dengan lima teman kamu yang juga berlangganan. Kamu juga bisa mengalirkan konten secara bersamaan.

Baca juga:

Taylor Swift Pecahkan Berbagai Rekor Baru Lewat Albumnya

Hanya khusus untuk pengguna premium. (Foto: Digital Music News)
Hanya khusus untuk pengguna premium. (Foto: Digital Music News)

Sebelumnya, pengguna terlebih dahulu harus berada di dalam ruang yang sama agar fitur ini berfungsi. Ini juga melibatkan penggunaan barcode yang akan memindai dengan perangkat mereka untuk ditambahkan ke daftar putar.

Baca juga:

Keren, Lagu Anaknya Titi DJ Jadi Favorit Sederet Idola Kpop

Grup ini terdiri dari dua hingga lima orang yang dapat bergabung dengan mengklik tautan “gabung” yang dikirim melalui aplikasi SMS atau media sosial dari host. Kemudian tautan tersebut dapat diakses pada menu “Connect” di sudut kiri bawah layar aplikasi Spotify. Mulai dari sini, host dapat memulai Group Session untuk mendapatkan tautan yang dibagikan dengan teman atau keluarga.

Perlu memindai barcode untuk bergabung. (Foto: TechHive)
Perlu memindai barcode untuk bergabung. (Foto: TechHive)

Siapa saja yang ada di dalam grup tersebut bisa melakukan jeda, memutar, melewatkan, atau memilih daftar lagu yang ada dalam playlist. Mengutip The Verge, tidak ada fitur obrolan yang berarti pengguna harus menggunakan aplikasi lainnya untuk membicarakan podcast atau musik yang tengah berputar.

Fitur ini masih dalam versi beta yang berarti masih sedang diuji. Namun, Spotify akan mengembangkannya seiring berjalannnya waktu. Group Session sendiri pertama kali diluncurkan pada Mei lalu untuk menyelenggarakan pesat pribadi. Host dapat membagikan kode Spotify yang dipindai oleh tamu mereka yang bergabung dalam ruangan. Spotify mengatakan fitur ini tersedia secara global untuk semua pengguna Premium saat ini. (and)

Baca juga:

Natalie Portman Bocorkan Jadwal Syuting Thor: Love And Thunder


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani