'Financial Freedom', Bikin Kamu Hidup Lebih Bahagia Finansial Harus Dipikirkan Sedini Mungkin (Foto: unsplash/adeolu eletu)

KEBEBASAN finansial memiliki banyak arti yang berbeda-beda setiap orang. Bagi Milenial, itu mungkin berarti kamu memiliki tempat tinggal sendiri dan memutuskan hubungan kamu dengan orangtua. Bagi seseorang yang sudah pensiun, itu mungkin berarti tidak harus bekerja lagi.

Pemikiran seperti ini sangat baik untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik sejak usia produktif. Namun menurut survei, masih banyak milenial yang belum berpikir panjang soal finansial mereka, kebanyakan lebih memilih untuk meminta kepada orangtua untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Sebenarnya kebebasan finansial itu penting atau tidak? atau hanya pilihan untuk yang berminat saja?

Baca juga:

Masalah Utama Selalu Berkaitan dengan Finansial dan Perbankan

Tentu saja itu adalah sebuah kewajiban. Kamu pasti sering mendengar istilah 'hidup hanya sekali, nikmatilah'. Istilah yang diucapkan tersebut seringkali di salah artikan oleh banyak orang dengan menjalani hidup ala let it flow dan tidak memiliki tujuan.

Pemikiran semacam itu hanya akan membuatmu menyesal di kemudian hari dan mendapat kesulitan sendiri. Istilah tersebut sebenarnya mengajak manusia untuk terus mengejar impiannya, tetapi jangan dibawa stres, nikmati prosesnya, dan hadapi rintangannya.

'Financial Freedom', Bikin Kamu Hidup Lebih Bahagia
Finansial Tidak bisa Dianggap Remeh (Foto: unsplash/nik shuliahin)

Ketika sudah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, kebebasan finansial akan menunggumu di depan mata dan siap memberikan kamu kebebasan lain, secara waktu dan tenaga di umur yang masih muda. Hal inilah yang nantinya akan membuat kamu bahagia di kemudian harinya.

Melansir dan FeministFinancier, terdapat beberapa alasan kenapa kamu harus secara cepat mengejar kebebasan finansial. Pertama adalah untuk mendapat kebebasan waktu melakukan hobimu. Banyak sekali waktu yang dikorbankan untuk membangun aset di masa muda membuat kamu tidak punya waktu terhadap hobimu.

Baca juga:

Pernikahan Dini, Banyak Rintangan?

Namun, jangan khawatir. Ketika kamu fokus dengan tujuanmu, aset berhasil terbentuk, umur dan fisikmu masih sangat produktif untuk menjalani hobimu sepuasnya. Kedua adalah lelah selalu bekerja sepanjang waktu. Bekerja sepanjang waktu tidak akan membuatmu bahagia, melainkan hanya membuat hidupmu terasa datar. Kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk bisa keluar dari zona nyamanmu dan mengejar impianmu secepat mungkin.

'Financial Freedom', Bikin Kamu Hidup Lebih Bahagia
Kebebasan Finansial Membahagiakan Hidup (Foto: unsplas/hanete lusina)

Ketiga adalah kamu akan merasakan pengalaman dengan barang. Tentu saja semua manusia sangat suka dengan barang-barang mewah. Ketika kamu berhasil mencapai kebebasan finansial, hal tersebut bukanlah suatu hal yang menjadi pertimbangan lagi. Kamu bisa menghadiahkan dirimu sendiri barang-barang mewah kesukaanmu sebagai tanda kamu berhasil dalam mengejar tujuanmu.

Untuk mencapai kebebasan finansial bukanlah hal yang mudah. Butuh banyak pengorbanan dan kinerja yang lebih keras lagi untuk bisa mencapainya. Selain memiliki pengetahuan secara finansial, kamu juga memiliki pengetahuan tentang bagaimana membuat rencana investasi untuk hal-hal tak terduga yang bisa terjadi kapan saja.

"Do Something Today That Your Future Self Will Thankyou For." Kalimat motivasi tersebut sangat cocok menggambarkan tentang pentingnya mengejar Financial Freedom. (Nic)

Baca juga:

Menekan Bujet Nikah Agar Bisa Beli Rumah



Ananda Dimas Prasetya