Film The Shape of Water Dapat Tuduhan Plagiarisme The Shape of Water (Sumber: Den of Geek)

FILM drama romantis The Shape of Water sedang mendapatkan masalah yang serius. Pasalnya, nominator di ajang penghargaan Piala Oscar tahun 2018 ini mendapat tuduhan kalau film tersebut menjiplak langsung drama panggung AS.

Seperti diberitakan Reuters melalui Antara, sutradara Guillermo del Toro, produser Daniel Kraus dan studio film Fox Searchlight dituduh menyalin cerita, elemen, karakter dan tema dari drama panggung pada 1969 buatan mendiang Paul Zindel.

Saat ini, tuntutan yang diajukan oleh putra Zindel, David ini sudah diajukan ke pengadilan federal Los Angeles. Gugatan tersebut diajukan sehari setelah surat suara dikirim ke sekitar 8.000 anggota Akademi Seni dan Pengetahuan Perfilman, yang memberikan suara pada pemenang Oscar.

Tak tanggung-tanggung, dalam tuntutan itu terdapat lebih dari 60 kemiripan antara drama panggung Let Me Hear You Whisper, dan The Shape of Water. Kemiripan tersebut meliputi kisah dasar pada drama dan film tentang petugas kebersihan yang kesepian, bekerja di laboratorium ilmiah selama Perang Dingin, dan membentuk ikatan cinta dengan makhluk air yang dikurung dan berencana membebaskannya.

Di lain sisi Fox Searchlight membantah tuduhan tersebut dan menganggap ada yang dituntut David tidak berdasar. Studio tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tuntutan hukum tersebut sepertinya dilakukan bertepatan dengan siklus pemberian suara 'Academy Award'. (*)

Baca tentang Oscar 2018


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH