Film

Film Terbaik Disney Menurut Penggemar, Mana Favoritmu?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 23 November 2020
Film Terbaik Disney Menurut Penggemar, Mana Favoritmu?
The Lion King dipilih sebagai film terbaik Disney menurut para penggemar. (Foto: IMDb)

MEMILIH film Disney terbaik merupakan sebuah hal yang sulit, terlebih untuk penggemarnya. Tahun demi tahun, rumah Mickey Mouse itu kerap mempersembahkan sejumlah film dengan cerita dan pesan moral yang bagus.

Tak jarang cerita dalam film membuat anak-anak hingga orang dewasa jatuh cinta dengan filmnya, baik animasi maupun live-action. Jadi ketika disuruh menentukan film Disney favorit, kira-kira apa jawabanmu?

Baca juga:

4 Film Disney Terbaik Dengan Makna yang Menyentuh

Baru-baru ini laman The List menemukan mencari jawabnya. Mereka membuat kuisioner untuk mengetahui sebenarnya apa film Disney terbaik menurut para penggemar.

Namun, sebelumnya mereka membaginya dengan mempertimbangkan tujuh era film Disney yang berbeda. Pertama adalah The Golden Age (1937-1942), film-film jadul seperti Snow White and the Seven Dwarfs, Pinocchio, Fantasia, Dumbo, dan Bambi.

Kemudian berpindah ke The Wartime Era (1943-1949), dengan film-film yang dipengaruhi Perang Dunia II. Mulai dari Saludos Amigos, The Three Caballeros, Melody Time, sampai The Adventures of Icabod and Mr. Toad.

Film Terbaik Disney Menurut Penggemar, Mana Favoritmu?
Ada tujuh era pembuatan film Disney. (Foto: Diz Avenue)

Kemudian The Silver Age (1950-1959), ketika Disney memutuskan membuat animasi panjang yang kental dengan hiasan latar belakang dan warna lembut. Di antaranya ialah Cinderella, Peter Pan, Sleeping Beauty, Jungle Book, Lady and the Tramp, Alice in Wonderland, dan lainnya.

Era berikutnya adalah The Bronze Age (1970-1988), lebih berfokus pada cerita-cerita dengan nuansa yang lebih gelap, seperti Robin Hood, The Rescuers, The Black Cauldron, The Fox and the Hound, dan Oliver and Company.

The Disney Renaissance (1989-1999), disebut-sebut sebagai puncak kejayaan Walt Disney karena beberapa animasi jebolannya sukses di box office. Mulai dari The Lion King, Beauty and the Beast, Aladdin, Mulan, The Little Mermaid, Hercules, hiingga Pocahontas.

Baca juga:

Disney Segera Garap Live-Action 'Lilo & Stich'

Berlanjut ke Post Renaissance Era (2000-2009), periode ini menjadi waktu ketika Disney mencari cara baru untuk menceritakan kisahnya. Penggemar bisa melihatnya lewat animasi Treasure Planet, Atlantis: The Lost Empire, Lilo & Stitch, Fantasia, dan Meet the Robinsons.

Terakhir adalah The Revival Era yang dimulai sejak tahun 2010 sampai saat ini. Filmnya-filmnya termasuk Tangled, Wreck it Ralph, The Princess and the Frog, dan Frozen.

Tiap era punya ciri khas dan cara rekaman yang berbeda. Namun tak dapat dipungkiri bahwa di setiap periode selalu ada film Disney yang dianggap terbaik dibandingkan yang lain. Namun, film apa yang menjadi nomor satu di hati penggemar?

Film Terbaik Disney Menurut Penggemar, Mana Favoritmu?
Frozen duduk di peringkat kedua seri dengan film Moana. (Foto: IMDb)

Survei yang diterima The List berhasil mengumpulkan 8000 suara dari seluruh dunia. Ada lima pilihan yang disediakan, yakni Moana, Frozen, The Lion King, Zootopia, dan satu pilihan bebas yang bisa ditulis penggemar.

Hasilnya, Zootopia menempati posisi terakhir. Kemudian di atasnya merupakan pilihan bebas penggemar yang mengambil 13 persen dari jumlah total suara.

Isinya sangat beragam dan berasal dari berbagai era, namun yang terbanyak adalah Dumbo, The Hunchback of Notre Dame, Bambi, Tangled, dan Mulan.

Sementara Moana dan Frozen menduduk di peringkat kedua dengan masing-masing mendapat 14 persen suara. Tidak mengherankan karena keduanya sukses di pasaran dan memiliki narasi cerita yang menarik.

Pilihan penggemar mengenai film Disney terbaik jatuh pada The Lion King dengan total 51 persen suara. Film tersebut memang telah dicintai penggemar selama beberapa dekade.

Bahkan, film ini sampai dirilis ulang dalam versi live-action. Musik, akting suara, gambar, dan cerita dalam The Lion King lah yang berhasil membuat banyak penggemar Disney menyukainya.

Apakah kamu setuju dengan hasil survei ini? Atau menurutmu ada film Disney lain yang lebih pantas mendapatkan predikat tersebut selain The Lion King? (sam)

Baca juga:

Yara Shahidi akan Perankan Tinker Bell di ‘Peter Pan and Wendy’

#Film #Film Disney #Disney #Walt Disney Pictures
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan